Penyebab Blog Sepi Penjung & Tidak Terindeks Google

CB Blogger | November 22, 2019

Penyebab Blog Sepi Penjung & Tidak Terindeks Googlee

BLOG Anda sepi pengunjung? Sedikit pembacanya? Tidak terindeks mesin pencari Google?

Apakah Anda mau meningkatkan jumlah pengunjung (trafik) biar blog Anda populer dan rame?

Jika ya, lanjutkan baca posting ini.

Langkah pertama mengatasi penyebab blog sepi penjung & tidak terindeks Google adalah kenali dulu penyebab blog sepi pengunjung.

Penyebab utama blog sepi pengunjung adalah tidak terindeks Google. Akibatnya, blog tidak muncul di hasil halaman pencarian (SERP). Otomatis dong... pengguna gak tau blog kita!

Lain soal jika Anda mempromosikan blog itu dengan cara lain, tidak mengandalkan indeks Google doang, misalnya dengan promosi di Facebook, Twitter, Forum, Kaskus, bahkan mungkin pasang iklan dan "spanduk".

Bagus juga jika Anda membuat stiker cantik dan menarik untuk "dibagikan" kepada para pengendara sepeda motor, milsanya, atau ditempel di angkot. Namanya juga usaha.... ya ndak?

Penyebab Blog Sepi Pengunjung & Tidak Terindeks Google

Ini Rincian Penyebab Utama Blog Tidak Terindeks Google sehingga Sepi Pengunjung"

1. Konten Blog Tidak Berkualitas

Content is King. Konten adalah raja. Tanpa konten yang orisinal, asli tulisan sendiri, menarik, unik, aktual, dibutuhkan, diinginkan, dicari, maka blog Anda akan sunyi kaya kuburan. Maka, buatlah konten yang berkualitas sebagaimana disarankan Google

2. Template Tidak SEO Friendly.

Template sangat berpengaruh pada indeks Google. Templatelah yang memperkenalkan konten blog kita kepada algoritma Google dan mesin pencari lainnya. Di dalamnya ada Meta Tags yang berisi nama blog dan deskripsinya sehingga dikenali dan diindeks Google.

Ciri utama template blog seo friendly adalah Fast Loading & SEO Ready --sudah menyediakan meta tags seo di dalam template.

Tampilan blog harus wusss.... cepat! Ringan, gak berat. Kata Google, user akan mengabaikan blog yang loadingnya di atas 4 detik! Walaaaah..... pengunjung memang pengennya blog yang tampil cepat, gak lamberta, lelet, lemot, berat!

Makanye, pake dong template seo friendly seperti New Johny Wuss ini yang sudah terbukti & teruji Wussss bingiiittt!!!
Biar gak berat, jangan banyak pasang ini-itu (widget) di blog Anda. Gak usah pasang flash, slider, musik, tanggal, visitor stats, dan hindari sekuat mungkin kode-kode Javascript. Utamakan kode CSS/HTML.

Selain itu, jangan upload gambar berukuran besar!!! Sebaiknya ukuran filenya di bawah 100 Kb, pokoknya lebih kecil lebih baik!

3. Heading Tag H1 Tidak Dinamis

Heading Tags H1 Dinamis sebenarnya masuk kepada ciri template blog seo friendly. Ringkasnya, Heading Tags H1 dinamis yaitu judul posting menggunakan H2 atau H3 di halaman depan (Home), tapi berubah menjadi H1 di halaman dalam.

Kebanyakan template 'kan H2/H3 di halaman depan dan dalam. Yang bagus, untuk menembus indeks Google, sebaiknya judul posting di halaman dalam (pas postingan diklik) menggunakan Tag H1. Contohnya, ya.... New Johny Wuss ini!!!

4. Tidak Lolos Structured Data Testing Tool

Ini yang suka diabaikan blogger. Padahal, data blog yang terstruktur itulah yang menjadi kunci indexing Google.

Cek blog Anda di Structured Data Testing Tool. Ada error? Umumnya, errornya meliputi "missing author" damn "missing update". Ada juga yang "missing title".
Kenapa structured data ini penting? Coba buka Google, ketik aja saja di kotak pencarian. Muncul judul dan deskripsi atau kutipan isi tulisannya 'kan? Itulah "snippet" atau potongan konten blog.

Nah, bagaimana bisa terindeks Google jika struktur data template blog Anda tidak lolos SDTT ini? Padahal, itulah yang "dipotret" oleh mesin pencari dan disajikan di halaman hasil pencarian.

Itulah 4 penyebab utama blog tidak terindeks Google sehingga sepi pembaca. Ada tambahan? Please... share!

Dengan mengetahui penyebab utama blog sepi pengunjung akibat tidak terindeks Google itu, maka cara mengatasinya pun sebagai berikut:

  1. Buat posting berupa konten berkualitas.
  2. Gunakan Template blog SEO Friendly
  3. Gunakan Heading Tags Dinamis
  4. Perbaiki Structured Data / Schema Org
Good Luck!

Previous
« Prev Post

Related Posts

3 komentar on Penyebab Blog Sepi Penjung & Tidak Terindeks Google

  1. Makasih gan informasinya. ane donlod ini template gan. mantep bner dah.

    ReplyDelete
  2. makasih infonya brather, sangat berguna bagi blogger nubi kyak ane

    ReplyDelete
  3. jadi tahui nih penyebab blog menjadi sepi, makasih gan.. akan ku coba dan perbaiaki blog ane

    ReplyDelete

 
Copyright © 2020. New Johny Wuss - All Rights Reserved
Template by CB Blogger & Maskolis