5 Cara Memperkuat Sinyal Ponsel

Posted by New Johny Wuss

Memperkuat Sinyal Ponsel
Cara memperkuat sinyal HP agar tidak terputus dan lancar saat menelepon dan internetan.

SINYAL
HandPhone (HP), SmartPhone, atau Ponsel Anda lemah? Ini dia lima cara memperkuat sinyal HP agar saat sedang menelepon atau internetan tiba-tiba koneksinya terputus.

Dilansir KompasTeknoberikut ini beberapa langkah untuk memperkuat sinyal yang Anda dapatkan.

1. Buat Peta Sinyal
Seandainya Anda sedang berada di dalam rumah, buatlah sebuah denah rumah dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal.

Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang kamu dapatkan di sana. Tandai setiap titik di peta.

Dengan cara demikian kamu mudah menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal kuat. Setiap kali akan menelepon, lakukanlah di titik tersebut sehingga suaranya jernih.

2. Airplane Mode
Pasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang Anda gunakan.

Selain itu bisa saja ponsel Anda akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan lokasi menelepon. Dengan demikian, sinyal yang dipancarkan dan diterima ponsel akan lebih kuat, suara saat menelepon pun lebih jernih.

3. Buka Jendela
Bila berada di dalam rumah dan merasa suara putus-putus saat menelepon, bukalah jendela dan berdirilah di dekatnya.

Seandainya suara putus-putus itu terjadi ketika menelepon dari dalam mobil. Lakukan hal yang sama, bukalah jendela terdekat.

Dengan cara ini, sinyal yang dipancarkan dari luar bisa ditangkap oleh ponsel tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahan logam dalam body mobil termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal seluler.

4. Cek Baterai


Kalau SMS atau pesan lain yang kamu kirimkan ternyata delay, cobalah cek baterai ponsel. Smartphone biasanya akan menerapkan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit.

Mode ini bisa saja memutus sementara koneksi ke jaringan, karena untuk memindah koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memang memakan banyak daya.

Jika ternyata masalah sinyal pada ponsel disebabkan hal ini, cukup charge saja dan semuanya akan selesai.

5. Dekati Pemancar Sinyal
Instal Aplikasi Open Signal di ponsel Android. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengecek menara pemancar sinyal.

Bila panggilan suara atau pegiriman SMS-mu putus-putus, cobalah cari pemancar terkedat dan berjalanlah mendekat ke arahnya. Dengan demikian Anda bisa mendapat sinyal yang lebih kuat, dan otomatis koneksi ponsel mengarah ke satu pemancar itu.

Selain cara di atas, cara lain memperkuat sinyal HP atau Ponsel antara lain dengan Memastikan Jaringan Operator (Networks Operators).

Untuk memastikan jaringan operator, silahkan masuk ke menu Setting> Wireless & Networks. Mobile Networks> Network Operators.

Cara lain memperkuat sinyal HP adalah Memastikan Mode Jaringan (Networks Mode). Ini terkait dengan kenyataan tidak semua operator memiliki jaringan 3G/HSDPA di semua tempat. Jika kita memaksa HP Android hanya menggunakan jaringan 3G/HSDPA padahal di situ tidak tersedia, maka semua fungsi komunikasi HP anda akan percuma. Mungkin akan membantu jika anda mengaturnya supaya bekerja di kedua jaringan (GSM dan WCDMA).

Demikian Cara Memperkuat Sinyal HP alias Ponsel alias SmartPhone.*

» Thanks for reading: 5 Cara Memperkuat Sinyal Ponsel
Previous
« Prev Post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: April 03, 2016

0 comments:

Post a Comment

Follow & Get Update by Email

CB