Ridwan Kamil Bentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) versi Kota Bandung

CB Blogger | April 01, 2016

Komisi Pemberantasan Korupsi
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membentuk sebuah tim layaknya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KPK versi kota Bandung ini bernama Forum Pemberantas Integritas. Hanya saja, forum yang resmi dibentuk Jumat (1/4/2016) oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ini tidak memiliki kewenangan dalam penindakan.

"Alhamdulillah satu mimpi reformasi Bandung sudah berjalan, yaitu membentuk KPK versi kota," kata Ridwan Kamil Jumat (1/4/2016).

Menurut Emil --sapaan akrabnya, fungsi Forum Pemberantas Integritas tak berbeda jauh dengan KPK. Lantaran tidak memiliki payung hukum, tim ini hanya memberikan laporan.

"Nanti hanya melaporkan kepada inspektorat, kepada pihak-pihak aparat hukum terkait masalah itu. Diharapkan Bandung punya sistem dan birokrasinya paham, bahwa ada KPK versi kota yang aktif," jelas Emil dikutip laman PRLM.

Menurut Emil, forum ini memiliki kewenangan untuk bisa mengakses seluruh data di setiap instansi Kota Bandung. Forum juga bisa melakukan verifikasi setelah tim menerima adanya laporan dari warga Bandung.

"Nanti laporannya diberikan kepada saya rutin setiap bulan. Ini sangat mendesak karena korupsi masalah besar di republik ini. Hanya Bandung caranya sistematis, membentuk sistem bukan heboh-hebohan enggak jelas," ujar Emil.*

Previous
« Prev Post

Related Posts

0 komentar on Ridwan Kamil Bentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) versi Kota Bandung

Post a Comment

 
Copyright © 2020. New Johny Wuss - All Rights Reserved
Template by CB Blogger & Maskolis