Survei: Sering Pamer Foto di Media Sosial Bikin Bahagia

Posted by New Johny Wuss

Survei: Sering Pamer Foto di Media Sosial Bikin Bahagia
SEBUAH hasil penelitian terbaru menunjukkan, makin sering pamer foto di media sosial seperti Facebook, akan semakin membuat bahagia pengunggahnya.

Peneliti dari University of Southern California menyimpulkan, mereka yang mengabadikan seluruh kegiatan harian untuk dipamerkan di media sosial, termasuk mengupload foto makanan dan liburan, merupakan kelompok orang lebih bahagia.

“Informasi terbaik yang kami dapatkan dari riset ini adalah adanya hubungan kadar kebahagiaan dengan memotret untuk diunggah ke media sosial,” ujar salah satu periset, Kristin Diehl.

“Kami menemukan adanya hubungan peningkatan semangat dan kebahagiaan dari pengalaman positif yang diunggah ke media sosial,” imbuhnya dikutip Tribunnews.

Peneliti menyimpulkan, mereka yang memotret aktivitas untuk diunggah ke media sosial adalah orang-orang yang sangat antusias dan sangat menikmati segala hal yang mereka lakukan.

Diehl dan tim mengumpulkan 2000 partisipan untuk melakukan sembilan eksperimen berbeda. Pada masing-masing eksperimen, seluruh responden berpartisipasi dalam kegiatan yang telah dipilih peneliti, mulai dari tur menggunakan bus dan makan di restoran.

Partisipan diminta untuk memotret dan tidak memotret. Lalu, mereka pun juga harus mengisi kuesioner.

Hasilnya, mereka yang memotret seluruh kegiatan, ditemukan mengalami peningkatan level kebahagiaan.

Namun, kebahagiaan itu tergantung dari objek foto. Pasalnya, mereka yang diminta memotret seekor singa menyerang dan menaklukan kerbau, mengatakan, tidak bahagia.

Memotret objek yang tergolong ekstrim, kata Diehl, tidak memberikan kebahagiaan pada mereka yang memotret. Namun, partisipan yang tidak memotret mengaku bahwa mereka sangat menikmatinya.

Hasil penelitian juga membeberkan bahwa peningkatkan level kebahagiaan tidak berpengaruh ketika partisipan harus membawa dan mengurus perangkat fotografi yang berat.

Terakhir, penelitian mengatakan bahwa partisipan yang memotret dan mengunggah ke media sosial menggunakan ponsel, cenderung lebih bahagia.

Namun, efek yang sama tidak terlihat pada mereka yang memotret menggunakan kamera profesional dengan tambahan peralatan yang rumit dan berat.

Upload foto kegiatan sehari-hari di media sosial menjadi gaya hidup di era internet sekarang. Umumnya Facebooker tergoda untuk memamerkan makanan atau minuman di akun medosnya sebelum menyantapnya.

Bahkan, sedang ibadah pun, seperti haji dan umroh, difoto dan diunggah di media sosial. Media sosial memang merupakan ajang pamer yang cenderung riya' dan ujub dalam konteks ajaran agama Islam.*

» Thanks for reading: Survei: Sering Pamer Foto di Media Sosial Bikin Bahagia
Previous
« Prev Post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: June 13, 2016

0 comments:

Post a Comment

Follow & Get Update by Email

CB