Anarko, Kelompok Berpakaian Hitam-Hitam yang Membuat Ricuh May Day

CB Blogger | May 02, 2019

Anarko, Kelompok Berpakaian Hitam-Hitam yang Membuat Ricuh May Day
Kelompok anarkis berpakaian hitam-hitam Saat May Day: Anarko, ACAB, Sekam, dan Bakunin..

AKSI demonstrasi pada peringatan Hari Buruh 1 Mei 2019 (May Day) dikacaukan kelompok atau massa berpakaian hitam-hitam.

Mengenakan penutup muka, mereka menyusupi massa demonstran, lalu melakukan aksi anarkis dan vandalisme.

Polisi menangkap ratusan orang. Polisi mengatakan, massa berpakaian hitam-hitam yang beraksi di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Malang, dan kota lain itu adalah kelompok Anarko.

Kelompok Anarko ini mengenakan jaket hoodie warna hitam, membawa bendera merah-hitam dengan simbol A dalam lingkaran.

Menurut Wikipedia, Anarko adalah sebuah kata awalan yang mengacu kepada "anarki" atau "anarkisme".

Anarkisme sendiri yaitu suatu paham, ideologi, ataupun filosofi yang mempercayai bahwa segala bentuk negara, pemerintahan, dengan kekuasaannya adalah lembaga-lembaga yang menumbuh suburkan penindasan terhadap kehidupan, oleh karena itu negara, pemerintahan, beserta perangkatnya harus dihilangkan/dihancurkan.

Beberapa penggunaan awalan anarko- yang merujuk pada paham dalam anarkisme antara lain:
  • Anarko-Sosialisme - Sebuah formasi dari Sosialisme libertarian dengan secara absolut menolak keberadaan negara maupun aturan, bentuk ini biasanya termasuk dalam segala bentuk anarkisme.
  • Anarko-Sindikalisme - Gerakan yang lebih fokus kepada pembangunan gerakan buruh anti-otoritarian, membangun solidaritas pekerja, dan juga menggunakan aksi langsung secara militan seperti mogok kerja massal.
Penyusupan kelompok Anarko dalam aksi May Day 1 Mei 2019 berhasil ditangani polisi, namun kemunculannya dalam aksi demo buruh di luar dugaan kalangan buruh sendiri.

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) meminta pihak kepolisian mengusut tuntas kelompok Anarko. KSPI menilai ada aktor intelektual di balik aksi anarkis Anarko.

Aksi Hari Buruh di Bandung Disusupi Massa Berpakaian Hitam-hitam
Aksi Hari Buruh di Bandung Disusupi Massa Berpakaian Hitam-hitam (Anarko). Foto: Tribunnews
Di Bandung, aksi anarkis juga dilakukan oleh kelompok ACAB (All Cops Are Bastards). Polisi menyatakan, 619 anggota kelompok Anarko dan ACAB ditangkap karena mengotori sejumlah tempat, seperti mencoret-coret dinding dan tembok serta merusak kendaraan.

Dari penelusuran, ditemukan brosur mengenai faham antifasisme yang dibawa beberapa anggota kelompok Anarko dan ACAB. Dalam brosur bertajuk Sekam tersebut ditemukan‎ anjuran-anjuran untuk menentang pemerintahan.

Kelompok Anarko juga dikaitkan denan nama Mikhail Alexandrovich Bakunin, seorang tokoh politik Rusia. Bakunin adalah salah satu dari pemikir anarkis terbaik. Banyak yang menyebut bahwa ia adalah salah satu "pendiri gerakan Anarkisme".

Sumber1, Sumber2, Sumber3, Sumber4

Previous
« Prev Post

Related Posts

0 komentar on Anarko, Kelompok Berpakaian Hitam-Hitam yang Membuat Ricuh May Day

Post a Comment

 
Copyright © 2020. New Johny Wuss - All Rights Reserved
Template by CB Blogger & Maskolis