Pengertian Google AdSense

Google AdSense adalah "idola" para blogger, bahkan juga para pengelola situs berita komersial.

Pengertian Google AdSense

Detik, Kompas, Republika, Merdeka, dan media-media berita online sejenis mengandalkan Google Adsense (GA) sebagai sumber utama pendapatannya untuk operasional dan gaji wartawan.

Menurut Google sendiri, GA adalah cara gratis dan mudah bagi semua penayang situs web, baik situs besar maupun kecil, untuk memperoleh uang dengan menampilkan iklan Google yang bertarget di situs web mereka.

Untuk menampilkan iklan dengan AdSense untuk konten, penayang akan menerima 68% dari pendapatan yang diakui Google sehubungan dengan layanan tersebut.

Untuk AdSense untuk penelusuran, penayang akan menerima 51% dari pendapatan yang diakui oleh Google. 

Persentase ini konsisten, di mana pun lokasi geografis penayang, dan sama sekali bukan rata-rata antara penayang.

Pengertian Google Adsense

Apa itu Google AdSense? Google AdSense adalah jaringan periklanan yang dijalankan oleh Google. Program ini memungkinkan para blogger dan pemilik situs web untuk mendapatkan uang dari blognua dengan menampilkan iklan teks, gambar, video, dan iklan interaktif lainnya. Iklan ini ditargetkan oleh konten situs dan audiens.

Google AdSense adalah program iklan gratis karena Anda tidak harus berurusan dengan pengiklan atau khawatir tentang dikenakan biaya saat mendaftar atau menjalankan program ini.

Google mengelola dan memelihara hubungan dengan pengiklan. Mereka menagih pembayaran, mengambil bagian untuk Google, dan mengirim bagian yang Anda peroleh kepada Anda melalui berbagai metode pembayaran seperti Western union atau Wire Transfer.

Secara bahasa, "Ad" singkatan dari "Advertisement" yang artinya iklan. Sense artinya rasa atau pengertian. Namun Adsense kini dikenal dengan sebutan "iklan". Maka, Google Adsense artinya Iklan Google.

Google Adsense termasuk model bisnis online dan paling populer di dunia. Seperti dikemukakan Google, situs besar dan kecil bisa mengikuti program GA untuk mendapatkan uang (dolar) dari blogging atau penerbitan media online.

Adsense merupakan cara tercepat dan termudah bagi pemilik website/blog untuk menghasilkan uang dari internet.

Penghasilan Google Adsense

Google akan membayar Anda ketika pengunjung blog melakukan klik iklan Adsense pada blog Anda. Jumlah penghasilan Anda akan bergantung pada jumlah pengunjung blog, sumber trafik, kata kunci, jenis iklan, dan topik isi blog Anda.

Iklan Adsense berasal dari perusahaan atau dari para pebisnis yang ingin beriklan melalui Google, si pengiklan membayar Google untuk menampilkan iklan mereka, kemudian karena iklan Google dipasang pada blog Anda maka Anda mendapatkan komis dari Google. (Sistem bagi hasil antara Google dan pemilik website/blog).

Menurut Google, soal jumlah penghasilan itu relatif. Tidak ada jawaban yang tepat karena penghasilan Anda akan bergantung pada sejumlah faktor.
  1. Jenis iklan yang muncul di laman Anda: Dengan menampilkan iklan dengan AdSense untuk konten, Anda dapat menampilkan iklan yang dibayar saat pengguna mengeklik iklan atau saat pengguna melihatnya. Semua iklan bersaing dalam lelang iklan dan sistem kami secara otomatis memilih pengiklan yang bersedia membayar dengan jumlah tertinggi sambil memastikan pengalaman yang baik untuk pengguna.
  2. Penetapan harga iklan muncul di laman Anda: Tidak semua iklan diberi harga yang sama, sehingga faktor-faktor seperti anggaran pengiklan yang terus berubah, konten khusus, dan iklan yang dipilih pengguna untuk diklik akan mengakibatkan penghasilan Anda bervariasi dari hari ke hari.
  3. Seberapa banyak produk AdSense yang Anda gunakan: Anda dapat memperoleh penghasilan dari AdSense melalui berbagai cara -- dengan menampilkan iklan di laman web, dengan menyediakan penelusuran bagi pengguna, dengan menampilkan iklan dalam umpan, dan lain-lain. Menggunakan lebih banyak produk AdSense akan meningkatkan potensi penghasilan.
Cara terbaik mengetahui berapa banyak yang akan Anda hasilkan adalah dengan mendaftar dan mulai menampilkan iklan di laman web. Tidak perlu membayar, tidak ada kewajiban, dan memulainya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Jenis Iklan Google AdSense

1. Adsense for content

Jenis iklan ini umumnya bisa ditemukan dalam blog atau website yang memiliki konten menarik. Iklan yang dipromosikan oleh para pemilik blog bisa memiliki keterkaitan dengan konten yang dimasukkan dalam halaman website atau tidak sama sekali.

Jika iklan Google AdSense tidak muncul di halaman blog Anda, kemungkinan tidak ada iklan yang cocok untuk ditempatkan di halaman tersebut.

2. Adsense for search

Iklan dalam bentuk adsense for search umumnya dimiliki oleh website besar atau website yang sudah memiliki traffic sangat tinggi.

Pemilik website atau blog akan mengondisikan websitenya terhubung dengan mesin pencari Google dengan menampilkan kotak search di kolom halaman kontennya. Ketika pengunjung website melakukan pencarian melalui kotak search yang ada dalam website, maka pemilik website akan menerima komisi dari Google Adsense.

3. Adsense for video

Untuk jenis iklan yang satu ini, Anda bisa menemuinya ketika mengakses video youtube. Umumnya iklan dalam bentuk video akan muncul sebelum Anda memutar video yang diinginkan atau muncul ditengah-tengah video.

4. Adsense for mobile

Jenis iklan ini umumnya bisa terlihat dalam perangkat smartphone atau website yang didesain bisa diakses melalui handphone.

Secara umum, Anda bisa menemukan iklan semacam ini ketika Anda ingin membuka dan menginstall aplikasi tertentu kedalam handphone.

Cara Kerja Google Adsense

Komponen yang saling terkait:

a.   Advertiser

Pihak perusahaan yang akan memasang iklan umumnya akan berhubungan dengan penyedia iklan dengan memanfaatkan halaman Google Adsense yang kosong di sebuah website.

Agar bisa memasang iklan, para advertiser harus menggunakan Google Ads - yang dulunya Google Adwords - dan meregistrasikan alamat email yang dimiliki perusahaan.

Saat penggunaan Google Ads disetujui, pihak yang akan mengiklankan produk perusahaan mereka bebas memilih jenis iklan yang akan dipasang dan biaya yang dibayar sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui dengan pihak Google. 

b.   Penyedia layanan iklan

Penyedia layanan iklan adalah Google yang sudah memfasilitasi pemasang iklan dengan Google Ads. Sebelum memasang iklan, para advertiser harus mengaktifkan Google Ads dan memahami semua tools yang ada didalamnya.

c.   Publisher

Publisher atau penayang adalah pemilik website atau blog yang membantu advertiser dan Google dalam mempromosikan iklan yang sudah terdaftar resmi.

Syarat utama yang perlu dimiliki publisher adalah kepemilikan akun Google Adsense. Dengan akun tersebut, publisher memberitahukan secara tidak langsung pada pihak advertiser bahwa halaman situs yang dimiliki bisa digunakan untuk mempromosikan produk.

Cara Daftar Google Adsense

Ketika Anda ingin mendaftar sebagai publisher dan mencoba memiliki akun Google Adsense, syarat utama yang perlu dimiliki adalah sebuah blog atau website dengan konten yang menarik dan selalu memiliki traffic.

Anda hanya perlu mengakses Google Adsense dan mendaftarkan alamat email Anda di sana sampai mendapat konfirmasi lebih lanjut dari pihak Google.

Cara Mencairkan Uang dari Google 

Ketika Anda sebagai publisher iklan memasang iklan dari seorang advertiser, Anda akan mendapat bayaran yang bisa dicairkan sesuai mata uang yang berlaku di negara Anda.

Sistem penghitungan uang yang akan diperoleh, umumnya dilakukan dengan sistem cost per click dan akumulasinya akan dimasukkan kedalam rekening virtual.

Google akan mengirimkan komisi melalui settingan pembayaran yang Anda buat di akun Adsense, antara Western Union dan Wire Transfer atau Cek.

» Thanks for reading: Pengertian Google AdSense
Previous
« Prev Post

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

Follow & Get Update by Email