Mengenal Jenis-Jenis Kucing - Lengkap

Posted by New Johny Wuss

Mengenal Jenis-Jenis Kucing, dari kucing lucu, anggora, kucing garong, hingga mandi kucing. Apa saja macam-macam kucing? Kuy, simak!

Mengenal Jenis-Jenis Kucing

Semua jenis kucing bisa menjadi hewan peliharaan yang ramah, penyayang, dan bersahabat. Sangat banyak jenis-jenis kucing dengan ukuran, karakteristik, dan sifat yang berbeda-beda pula.

Jenis-Jenis Kucing Terpopuler

Dimulai dari 10 Jenis Kucing Terpopuler, Favorit, dan Bersahabat.

1. Kucing Anggora (Kucing AnggoraTurki)

Jenis Kucing Anggora Turki

Jenis Kucing Anggora Turki adalah salah satu ras kucing domestik alami tertua. Biasa disebut Kucing Anggora saja. Ras ini berasal dari Ankara, Turki. Kucing ini sangat populer dan terkenal di Indonesia. Secara sederhana, ras kucing ini juga dikenal sebagai anggora atau kucing ankara.

2. Kucing Persia

Kucing Persia
Kucing Persia. Sumber: Pets Wiki

Kucing Persia memiliki sifat ramah dan sangat menyayangi pemiliknya, bahkan orang yang tidak dikenal. Mereka menikmati hari-hari dengan meringkuk di sofa atau tidur bersama pemiliknya. Sifat kucing persia sangat santai dan butuh perhatian. Kucing ini akan manja jika anda tinggal dalam waktu yang cukup lama.

3. Exotic Shorthair

Exotic Shorthair
Sumber: Cat Wallpapers

Exotic Shorthair adalah jenis kucing yang cocok untuk duduk dan dielus karena sifatnya yang manja. Exotic Shorthair bukan ras kucing yang paling aktif, tapi untuk Anda yang suka kucing yang cenderung memiliki sifat tenang dan suka tidur-tiduran saja.

4. Abyssinian

Abyssinian
Sumber: Kitten Toob

Kucing jenis Abyssinian adalah kucing yang aktif, cerdas, dan suka bermain, termasuk bermain dengan anak-anak.

5. Burmese

Burmese
Sumber: CatApply
Burmese adalah salah satu jenis kucing yang ramah. Suka meringkuk di sofa dan loyal kepada pemiliknya.

6. Maine Coon

Kucing Maine Coon Sumber: The Spruce
Kucing Maine Coon. Sumber: The Spruce

Salah satu ras kucing terbesar. Maine Coon sangat ramah dan akan senang tinggal di rumah dengan kucing jenis lain. Mereka akan menikmati perhatian kamu dan banyak akan ‘berbicara’ dengan cara mengeong.

7. Russian Blue
Sumber: Russia Beyond
Sumber: Russia Beyond

Kucing jenis Russian Blue senang menyendiri, suka mengamati sebelum mereka bertindak. Setelah Russian Blue nyaman dengan Anda, mereka akan selalu dekat.

8. Siamese

Siamese
Sumber: Cat Breeds List

Jenis Kucing Siam atau Siamese ingin menjadi bagian dari semua hal yang Anda lakukan. Mereka akan dengan senang hati memikirkan tugas, makan dan ikut di waktu menonton TV.

9. Ragdoll

Ragdoll
Sumber: Catster

Jenis kucing Ragdoll adalah jenis kucing yang santai dan selalu mencari perhatian dari pemiliknya. Ragdoll ini tidak terlalu suka mengeksplorasi, ia lebih memilih untuk mengikuti pemilik di sekitar rumah dan tetap berada dalam jarak dekat.

10. Munchkin

Kucing Munchkin
Sumber: The Happy Cat Site

Jenis Kucing Munchkin adalah jenis kucing yang suka berteman, energik, suka bermain dengan anak-anak, kucing, bahkan dengan anjing lainnya.

Itu dia 10 Jenis Kucing Populer. Kucing Anda belum disebut? Tenang... CB masih lanjutkan dengan "copas" Jenis-Jenis Kucing Selengkapnya.

30 Jenis Kucing

  1. Jenis Kucing Bengal
  2. Jenis Kucing Russian Blue
  3. Jenis Kucing Bulu Pendek Britania
  4. Jenis Kucing Munchkin
  5. Jenis Kucing Persia
  6. Jenis Kucing Sphynx
  7. Jenis Kucing Siam
  8. Jenis Kucing Telinga Lipat Skotlandia
  9. Jenis Kucing Maine Coon
  10. Jenis Kucing Ragdoll
  11. Jenis Kucing Chartreux
  12. Jenis Kucing Abisinia
  13. Jenis Kucing Birma
  14. Jenis Kucing Hutan Norwegia
  15. Jenis Kucing Sabana
  16. Jenis Kucing Telinga Ikal Amerika
  17. Jenis Kucing Laperm
  18. Jenis Kucing Nebelung
  19. Jenis Kucing Rex Cornish
  20. Jenis Kucing Toyger
  21. Jenis Kucing Anggora Turki
  22. Jenis Kucing Chausie
  23. Jenis Kucing Bali
  24. Jenis Kucing Himalaya
  25. Jenis Kucing Manx
  26. Jenis Kucing Singapura
  27. Jenis Kucing Lykoi
  28. Jenis Kucing Ragamuffin
  29. Jenis Kucing Rex Devon
  30. Jenis Kucing Snowshoe

Jenis Kucing Bengal

Jenis Kucing Bengal

Jenis Kucing Bengal merupakan hasil perkawinan kucing American Shorthair dan Asian Leopard. Memiliki pola spotted wild cat dan masih tergolong kucing hutan. Salah satu sifat ras Bengal yakni menyukai air, dan merupakan kucing yang cerdas serta aktif.

Russian Blue

Russian Blue

Kucing Biru Rusia atau Russian Blue memiliki bulu pendek berwarna abu-abu kebiruan yang terlihat mengkilap. Matanya berwarna hijau cerah dan terkadang terdapat bercak putih di atas matanya.

Kucing Bulu Pendek Britania

Kucing Bulu Pendek Britania

Jenis Kucing Bulu Pendek Britania merupakan ras tertua yang diyakini ada hubungannya dengan bangsa Romawi yang pernah menjajah Britania. Kucing ini banyak menjadi ikon film animasi atau produk makanan kucing.

Kucing Telinga Lipat Skotlandia

Kucing Telinga Lipat Skotlandia

Jenis Kucing Telinga Lipat Skotlandia sering disebut dengan kucing coupari atau kucing berwajah burung hantu karena memiliki bentuk telinga yang melipat. Kucing asal Skotlandia ini belum diakui karena faktor gen yang belum stabil. Kucing telinga lipat Skotlandia merupakan kucing yang bersahabat, ramah, dan tenang.


Jenis Kucing Chartreux

Jenis Kucing Chartreux

Chartreux merupakan kucing domestik asal Prancis yang perawakannya mirip dengan kucing bulu pendek Britania. Kucing ini berbadan besar dengan diselimuti bulu pendek lapis ganda berwarna abu-abu kebiruan. Chartreux merupakan pemburu yang hebat, namun ia tidak agresif dan sangat baik terhadap anak-anak.

Jenis Kucing Abisinia

Jenis Kucing Abisinia

Abisinia merupakan ras tertua dari golongan kucing berbulu pendek. Bentuk tubuh kucing ini menyerupai lukisan serta patung kucing pada zaman Mesir Kuno. Ia memiliki tubuh, tangan dan kaki yang ramping serta panjang. Bentuk telinga dan moncongnya membentuk segitiga dengan mata seperti almond.

Jenis Kucing Birma

Kucing Birma

Birma merupakan kucing asal Prancis yang punya keterikatan kuat dengan legenda kuil Lao-Tsun di Birma.

Jenis Kucing Hutan Norwegia

Jenis Kucing Hutan Norwegia

Jenis Kucing Hutan Norwegia berbulu panjang dan tebal ini merupakan ras alami yang dipercaya berasal dari hutan di Norwegia. Jenis kucing ini memiliki kepribadian yang unik dimana ketika musim dingin maka bulu-bulunya menjadi tebal dan panjang. Sedangkan ketika musim semi maka bulunya akan rontok dan menipis.

Jenis Kucing Sabana

Jenis Kucing Sabana

Jenis Kucing Sabana atau Savannah merupakan jenis kucing hasil hibrida dari ras kucing Serval Afrika dengan kucing Bengal, Siam, dan Mau Mesir. Kucing asal Amerika Serikat ini merupakan jenis kucing terpajang di dunia dengan ukuran tubuh yang bisa mencapai 44 cm. Tampilan kucing Sabana terlihat seperti kucing liar yang buas, namun sejatinya ia merupakan kucing yang cerdas, ramah, setia, dan mudah bersosialisasi.

Jenis Kucing Telinga Ikal Amerika

Jenis Kucing Telinga Ikal Amerika

Jenis Kucing Telinga Ikal Amerika, asal California, merupakan ras yang mengalami kelainan genetik alami sehingga memiliki bentuk telinga yang melengkung atau ikal.

Jenis Kucin Sphynx

Jenis Kucing Sphynx
Sumber: Alchemy Sphynx Cat
Jenis kucing Sphynx menyukai perhatian, kasih sayang, dan sesi bermain yang cukup sering. Sifatnya juga penyayang dan selalu bergantung kepada manusia untuk tetap hangat dan bersih.

Jenis kucing Sphynx adalah salah satu jenis kucing termahal di dunia, selain itu kucing ini mudah dikenali karena badannya yang tidak berbulu, tidak seperti kucing kebanyakan.

Jenis Kucing Chausie


Jenis Kucing Chausie

Jenis Kucing Chausie merupakan ras kucing hasil hibrida dari kucing domestik berbulu pendek dan kucing hutan. Kucing ini memiliki tubuh yang panjang, langsing, dan sedang sehingga handal dalam berlari ataupun melompat.

Jenis Kucing Himalaya



Jenis Kucing Himalaya merupakan kucing domestik hasil keturunan Persia dan Siam. Hasil persilangan kedua ras tersebut menciptakan kucing dengan tubuh gemuk besar seperti Persia, dan dengan corak warna poin dan mata biru seperti kucing Siam.

Jenis Kucing Manx



Kucing Manx atau rumpy merupakan jenis kucing yang memiliki ekor sangat pendek atau bahkan tidak ada. Kelainan genetik ini terjadi akibat tulang punggung yang tidak wajar dan bersifat dominan, sehingga perkembangbiakannya harus dilakukan dengan hati-hati.

Jenis Kucing Ragamuffin



Jenis Kucing Ragamuffin merupakan variasi keturunan dari kucing berjenis Ragdoll. Ia memiliki tampilan yang hampir sama dengan indukannya tersebut, namun dengan tubuh yang berukuran sedang. Kucing Ragamuffin memiliki bulu yang lebat, panjang, dan halus seperti bulu kelinci.

Selain itu, bulunya juga tidak mudah kusut ataupun menggumpal. Beberapa jenis ragamuffin memiliki pipi berbulu dengan bentuk mata seperti buah kenari sehingga terkesan sangat imut.

kitten ragamuffin
Kitten (anak kucing) Ragamuffin (Wikipedia).*

44 Jenis Kucing Ras 

1. Persia
2. Persia himalayan
3. Russian blue
4. Domestik / kampung indonesia
5. Turkish Anggora
6. American shorthair
7. Siamese
8. Norwegian forest
9. Maine coon
10. Sphynx
11. Scotish fold
12. Manx
13. Peter bald
14. Savannah
15. Bengal
16. Ashera
17. Toyger
19. British shorthair
20. Abyssinian
21. Japanese bobtail
22. Egyptian mau
23. Cheetoh
24. Ocicat
25. California spangled
26. Sailan
27. Chausie
28. American curl
29. American ringtail
30. Anatolian
31. Aphrodite
32. Balinese
33. Cornish rex
34. Devon rex
35. Nebelung
36. American bobtail
37. Birman
38. Bombay
39. Burmese
40. Burmilla
41. Chartreux
42. Munchkin
43. Napoleon
44. Siberian
44 jenis kucing ras yang digemari oleh kucing lovers

Egyptian mau

Kucing populer satu ini adalah salah satu kucing ras tertua di dunia. kelompok kucing ini merupakan kelompok ras kucing alami.

Ciri khas kucing egyptian mau adalah memiliki bulu yang bercorak tutul. Kucing ini di kenal sebagai kucing domestik yang dapat lari dengan kecepatan 58KM/Jam.

Egyptian mau
Sumber dari catbreedsinformation.com

Kucing American shorthair
 Kucing American shorthair

Jenis Kucin American Shorthair ternyata memiliki usia harapan hidup yang cukup panjang. Dia diperkirakan bisa hidup sampai 20 tahun. Kucing ini mudah beradaptasi dan ramah dengan orang baru.

Itu dia Jenis-Jenis Kucing Lengkap yang dirangkum dari berbagai sumber. Kucing Anda jenis apa? Kucing Garong gak ada di atas ya? :)

Tambahan

Jangan Memanusiakan Kucing Peliharaan!

Kucing adalah salah satu hewan yang lucu. Karena kelucuannya itu, banyak orang jatuh cinta dan memeliharanya.

“Pecinta kucing sampai menganggap kucing sebagai anggota keluarga, kucing sudah seperti anaknya sendiri. Karena itu, cat lover menyebutnya anabul atau anak bulu,” kata Juda Trijoga Adisusanto, owner dan CEO Groovy di sela Groovy Day 2019 dikutip Investor Daily.

Entah saking sayang atau gemas, ada juga yang menyamakan kucing peliharaan dengan manusia. Bolehkah?

“Memanusiakan hewan peliharaan, seperti menganggap kebutuhan hewan sama dengan manusia, atau anthropomorphism, seperti memberi makan makanan manusia atau memakaikan baju, ini tidak disarankan,” kata Drh Neno Waluyo dari Royal Canin.

Neno memaparkan, anatomi dan fisiologis kucing, jelas berbeda dengan manusia. Karena itu, kebutuhan nutrisi kucing dan manusia pun berbeda.

“Berdasarkan kebutuhan itu, kucing membutuhkan nutrisi yang lengkap, cukup, dan seimbang. Kalau kurang nutrisi, kucing akan merasa lapar terus sehingga akhirnya makan banyak, menyebabkan obesitas, hingga terjadi diabetes,” papar Neno.

Bahkan, antarjenis kucing pun memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.Kucing Persia misalnya. Kucing Persia memiliki karakter rambut panjang sehingga memerlukan nutrisi khusus untuk menumbuhkan rambut sehat. Ciri khas lainnya adalah hidungnya pesek dan bentuk rahang yang khas. Kucing Persia juga mengambil makanan menggunakan bibir bawah dan lidah bawah (sublingual).

“Karena karakteristik itu, kucing Persia hanya bisa mengambil butiran makanan berbentuk almond. Selain bentuk almond, kucing bisa stres karena makanan berkali-kali hingga 11 kali makanan yang diambil selalu jatuh,” jelas Neno.

Pemilik kucing juga harus bertanggung jawab pada kesehatan kucing.

Caranya, selain memberikan yang terbaik dari sisi nutrisi, juga melakukan vaksinasi untuk pencegahan terhadap penyakit secara rutin setahun sekali, pemberian obat cacing dan kutu serta rutin melakukan pemerikasaan kesehatannya ke dokter hewan. “mengobati sendiri, karena gejala yang sama bukan berarti kucing menderita penyakit yang sama,” jelasnya.*

» Thanks for reading: Mengenal Jenis-Jenis Kucing - Lengkap
Previous
« Prev Post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: October 19, 2019

0 comments:

Post a Comment

Follow & Get Update by Email