Pengertian Prank

CB Blogger | February 25, 2020

Apa arti prank yang sedang tren? Berikut ini pengertian prank dalam bahasa Inggris, Indonesia, dan makna praktisnya.

Pengertian Prank

PRANK bukan bahasa gaul atau slang. Wikipedia menyebutnya Lelucon Terapan (practical jokes) yaitu sebuah trik yang dimainkan oleh beberapa orang, yang umumnya menyebabkan korbannya kaget, tidak nyaman atau keheranan.

Istilah lainnya untuk lelucon praktikal meliputi prank, gag, jape, atau shenanigan. Lelucon-lelucon praktikal berbeda dari trik konfidensi atau hoax dimana korbannya tidak menyadarinya.

Dalam budaya Barat, April Mop adalah sebuah hari yang biasanya didedikasikan untuk lelucon praktikal.

Lelucon praktikal sering digunakan dalam unggahan video di media sosial populer seperti Instagram dan YouTube dengan tujuan mengangkat popularitas pemilik akun. 

Pengertian Prank

Arti prank adalah sebuah tindakan yang dilakukan kepada seseorang atau kelompok lain dalam bentuk kelakar, canda, maupun olok-olok. 

Jadi, prank artinya bergurau atau bercanda yang umumnya membuat kaget orang lain.

Dalam bahasa Inggris, kata prank awalnya mengandung makna sebuah tindakan yang dilakukan kepada seseorang atau kelompok lain dalam bentuk kelakar, canda, maupun olok-olok. 

Pada dasarnya tindakan prank dilakukan dengan kandungan humor atau unsur lucu. 

Namun, pada perkembangannya, tidak sedikit tindakan prank yang dianggap melewati batas kewajaran. Misalnya, ada "oknum" pengemudi ojek online nge-prank yang melibatkan polisi.

Dalam teori, prank kerap disebut dengan practical jokes alias humor praktik. Alasannya, selalu ada aksi dalam prank. 

Whoopee cushion prank, misalnya. Prank menduduki balon yang mengeluarkan suara kentut itu adalah salah satu yang paling sering dipraktikkan di Amerika Serikat. Klasik.

Secara etimologi, istilah "practical jokes" pertama kali digunakan pada 1804. Sebelum itu, lelucon atau candaan sejenis disebut dengan handicraft joke. Dari sisi budaya, tak mungkin bicara tentang prank tanpa mengaitkannya pada budaya April Mop alias April Fools Day.

Prank bukan bahasa Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonsesia (KBBI) tidak ditemukan kata/istilah prank.

Dalam bahasa Inggris, arti kata prank adalah senda-gurau, menipu, mengibuli, kelakar, olok-olok, seloroh, gurauan atau guyonan. 

Secara praktis, arti prank adalah "ngerjain" orang dengan maksud bercanda.*

Previous
« Prev Post

Related Posts

0 komentar on Pengertian Prank

Post a Comment

 
Copyright © 2020. New Johny Wuss - All Rights Reserved
Template by CB Blogger & Maskolis