Tips Merawat Sepeda Motor Tetap Prima Meski Jarang Dipakai, Panaskan Tiap Hari

CB Blogger | Friday, May 8, 2020

Tips Merawat Sepeda Motor Tetap Prima Meski Jarang Dipakai

Pandemi Virus Corona (Covid-19) membuat sepeda motor jarang dipakai karena bekerja di rumah (work from home) atau adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Berikut ini cara agar kondisi sepeda motor tetap terjaga, meskipun jarang digunakan.

Salah satu komponen utama yang perlu dijaga dan dirawat di motor adalah aki. Komponen inilah yang mempunyai fungsi menyimpan energi listrik sekaligus untuk menghidupkan mesin sepeda motor.

Tips Merawat Sepeda Motor Tetap Prima Meski Jarang Dipakai

Berikut ini tips dari PT Astra Honda Motor (AHM) agar aki motor tetap memiliki kualitas yang baik sekaligus agar Sepeda Motor Tetap Prima Meski Jarang Dipakai.

1. Panaskan Mesin

Hidupkan mesin sepeda motor tanpa harus dikendarai. Lakukan secara berkala, yakni sehari sekali, dan ini sangat penting untuk menjaga kualitas aki dan mesin sepeda motor.

Sepeda motor sebaiknya dipanaskan selama 3-4 menit untuk menjaga kualitas aki sehingga tetap memberikan suplai arus listrik ke part komponen kelistrikan sepeda motor dan menyimpan energi listrik dengan baik.

2. Cek Aki Secara Berkala

Bagi pada pemilik sepeda motor yang menggunakan aki basah, perlu dilakukan pengecekan secara berkala terhadap jumlah debit air aki. 

Pada komponen aki, terdapat tanda batas jumlah debit air aki atau yang disebut upper lower.

“eriksa jumlah debit air aki, jika debit air kurang maka diharuskan melakukan penambahan air aki sebatas garis upper yang tertera pada aki basah.

3. Cek Sistem Pengisian Daya Listrik

Aki yang mengalami masalah seperti "soak" bukan berarti harus memutuskan membeli aki yang baru, namun perlu juga dicek sistem pengisian daya listriknya. 

Sering terjadi anggapan aki soak harus diganti dengan yang baru, namun bisa saja penyebabnya ada masalah di pengisian daya listrik yang masuk ke dalam aki. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistim pengisisanya di sepeda motor.

Demikian Tips Merawat Sepeda Motor Tetap Prima Meski Jarang Dipakai, Salah Satunya Panaskan atau Hidupkan Mesin Tiap Hari Selama 3-4 Menit. (JP)
Newest
You are reading the newest post

0 komentar on Tips Merawat Sepeda Motor Tetap Prima Meski Jarang Dipakai, Panaskan Tiap Hari

Post a Comment

 
Copyright © 2020. New Johny Wuss - All Rights Reserved
Template by CB Blogger & Maskolis