Habis Minum Obat Tak Boleh Langsung Minum Kopi

Posted by New Johny Wuss

minum kopi minum obat
Bolehkah Minum Kopi Setelah Minum Obat? Jawabannya: Habis Minum Obat Tak Boleh Langsung Minum Kopi. Beri jarak 2-3 jam setelah minum obat, baru minum kopi.

Itulah "temuan" terpercaya setelah ragu-ragu mau minum kopi setelah minum obat. Khawatir ada apa-apa, sebelum berani ngopi, ya Googling dulu.

Banyak posting tentang itu, namun lebih percaya pada situs yang jelas, yaitu Kompas, dalam hal ini laman khusus Health.

Disebutkan, menurut dr Alyya Siddiqa, SpFK, dokter spesialis farmakologi klinik dan dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, kafein yang terdapat di kopi dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat. 

Karena sifatnya menstimulasi otak danjantung, obat-obatan yang memengaruhi kedua organ itu akan berinteraksi dengan kafein. 

Contohnya, efedrin dan fenilpropanolamin (terkandung dalam obat flu atau obat untuk mengatasi gejala hidung tersumbat) yang mempunyai efek meningkatkan kerja jantung. Atau obat asma teofilin yang sifatnya mirip kafein, obat antidepresi dan antipsikotik, antibiotik golongan kuinolon, dan pil KB.

Bila kita minum salah satu obat tersebut dilanjutkan dengan menyeruput kopi, maka kadar kafein menjadi kelewat tinggi dalam darah. Hal ini jelas tidak menguntungkan bagi jantung. 

Semua obat yang diminum masuk ke lambung untuk dihancurkan, lalu ke usus halus dan diserap menuju pembuluh darah. Banyak obat yang penyerapannya terganggu bila dikonsumsi dengan makanan atau minuman. Walaupun khasiatnya tidak hilang, obat jadi lebih lama diserap.

Minum obat sebaiknya dengan air putih. Tidak disarankan minum obat dengan kopi, teh, jus, susu, dan minuman ringan (bersoda). 

Bagaimana dengan minim kopi setelah minum obat? Bolehkah minum kopi setelah minum obat? Jawabannya: beri jarak 2-3 jam setelah minum obat, baru minum kopi! Demikian.

» Thanks for reading: Habis Minum Obat Tak Boleh Langsung Minum Kopi
Previous
« Prev Post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: May 23, 2016

0 comments:

Post a Comment

Follow & Get Update by Email

CB