Cara Mengatasi Jebakan 'Siapa yang Mengintip Facebook Kamu'

Posted by New Johny Wuss

Cara Mengatasi Jebakan 'Siapa yang Mengintip Facebook Kamu'
VIRUS , spyware, spambot, atau jebakan masih merajalela di media sosial Facebook, termasuk jebakan tentang "Siapa yang Mengintip Facebook Kamu".

Malware ini bisa muncul dalam komentar dengan tulisan "Ingin tahu siapa yang mengintip Facebook kamu…”? 

Waspadalah! Itu virus dan bisa jadi merupakan spambot yang kemungkinan besar menggunakan situs siapalihat.com!

Dilansir CNN Indonesia, siapalihat.com sebenarnya menggunakan teknik lama yang mengeksploitasi kelemahan dalam aplikasi Facebook, terutama HTC Sense.

Sebenarnya Facebook sudah mempersulit pengembang aplikasi untuk membajak akun Facebook korbannya dengan syarat pengguna harus 'secara sadar' memberikan persetujuan kepada aplikasi untuk melakukan posting menggunakan akunnya dan segala macam peringatan dimunculkan sebelum memberikan hak posting kepada aplikasi tersebut.

Menurut Alfons Tanujaya dari vaksin.com, saat ini sudah banyak beredar postingan di status akun Facebook yang menuliskan kalimat siapa saja yang bisa melihat Facebook miliknya dan tidak lupa disertakan nama-namanya.

Diterangkannya, sebenarnya itu langsung dicomot dari friend list akun korban yang diklaim mengintip akun Facebook yang telah dikuasai spambot tersebut, supaya calon korban lainnya percaya dan mengikuti apa yang diperintahkan oleh situs Siapalihat.com. 

"Sekali korbannya mengklik tautan yang diberikan, maka proses rekayasa sosial dimulai," katanya. Pengguna awam bisa terjebak. Spambot nantinya bisa melakukan posting masif di wall Facebook teman-teman korban.

Cara Membasmi 'Siapa yang Mengintip Facebook Kamu'

Cara membasmi spambot yang sudah terlanjur terjebak ini tak bisa serta merta hanya dengan mengganti password semata saja. Namun dengan cara menghapus aplikasi HTC Sense.
  1. Login ke akun Facebook Anda
  2. Buka alamat situs https://www.facebook.com/settings?tab=applications
  3. Arahkan mouse ke “HTC Sense” dan klik [X] untuk menghapus (remove) aplikasi ini. Anda akan mendapatkan konfirmasi
  4. Pastikan Anda memilih centang “Delete all your HTC Sense activities including posts, photos and videos on Facebook. This may take few minutes” dan klik [Remove] untuk menghapus aplikasi HTC Sense dan membebaskan Anda dari eksploitasi bot ini.
  5. Kunjungi wall seluruh teman Anda dan hapus satu persatu posting yang dilakukan bot dan informasikan bagaimana cara menghapus bot pada teman yang terinfeksi.
  6. Kunjungi satu per satu notifikasi pada akun Facebook Anda. Jika ada posting bot, segera hapus dan informasikan kepada rekan anda supaya tidak ikut tertipu.
Demikian Cara Mengatasi Jebakan 'Siapa yang Mengintip Facebook Kamu' yang belakangan marak di Facebook.*

» Thanks for reading: Cara Mengatasi Jebakan 'Siapa yang Mengintip Facebook Kamu'
Previous
« Prev Post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: August 11, 2016

0 comments:

Post a Comment

Follow & Get Update by Email

CB