Jangan Minum Kopi Usai Bangun Tidur, Pagi dan Malam Hari

Posted by New Johny Wuss

Minum Kopi Usai Bangun Tidur, Pagi dan Malam Hari
Jangan Minum Kopi Usai Bangun Tidur, Pagi dan Malam Hari. Kapan waktu yang tepat minum kopi?

Minum kopi usai bangun tidur di pagi hari menjadi gaya hidup. Istilah coffee morning mengindikasikn kebiasaan minum kopi pagi hari.

Ternyata, usai bagun tidur di pagi hari bukanlah waktu yang tepat untuk minum kopi. Menurut para ilmuwan, seperti dikutip Kompas, bangun tidur di pagi hari bukan saat yang tepat untuk secangkir kopi.

Alasannya, produksi kortisol tubuh berada pada kuantitas puncak. Mengonsumsi kafein saat tubuh berada dalam kondisi kortisol tinggi akan membuat produksi kortisol menurun. Ini yang menyebabkan manfaat kafein tidak akan terasa sekaligus, melawan kortisol yang ada. 

Parahnya lagi, keadaan ini akan mengembangkan toleransi terhadap kopi atau malah membuat kita kecanduan kafein. 

Jadi, agar manfaat kopi terasa, cobalah untuk menunggu satu jam setelah bangun tidur sebelum menyeduh secangkir kopi. Waktu minum kopi terbaik antara pukul 13.00-17.00 dan sekitar pukul 18.30 WIB. Jam-jam tersebut dipercaya menjadi masa di mana hormon kortisol belum mencapai puncak produksi.

Menurut ahli gizi asal Australia, Lyndi Cohen, seperti dikutip IDN Times, minum kopi pagi hari (morning coffee) bisa mengganggu toleransi tubuh terhadap kafein

Ada baiknya tahan diri agar tak langsung minum kopi setelah bangun tidur. Biasanya pukul 09.30 -11.30 menjadi waktu di mana kadar kortisol dalam tubuh menurun. Saat inilah kafein akan bekerja maksimal dengan membangkitkan rasa "awas" yang sudah mulai kendor.

Lyndi menyarankan agar sesi minum kopinya berakhir sebelum jam makan siang dan maksimal pukul 14.00 WIB. Jika ingin tetap mengkonsumsi kafein, kita bisa mengganti kopi dengan teh.
Hindari pula minum kopi di malam hari. Efek kafein dalam tubuh bisa bertahan hingga 6 jam lamanya. Untuk itu, disarankan agar berhenti mengkonsumsi kopi di sore hari agar tak mengganggu kualitas tidur.

"Tiap orang punya toleransi berbeda terhadap kafein, tapi saya merekomendasikan pukul 14.00 adalah waktu terakhir untuk minum kopi," tutur Lyndi.*

» Thanks for reading: Jangan Minum Kopi Usai Bangun Tidur, Pagi dan Malam Hari
Newest
You are reading the newest post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: August 12, 2018

0 comments:

Post a Comment

Follow & Get Update by Email