Efek #YangGajiKamuSiapa Trending, Kemenkeu Ungkap Asal Gaji PNS

Posted by New Johny Wuss

Tagar #YangGajiKamuSiapa trending di media sosial Twitter. Bahkan, tagar #YangGajiKamuSiapa masuk dalam trending topic dunia.

Efek #YangGajiKamuSiapa Trending: Kemenkeu Ungkap Asal Gaji PNS

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun menjelaskan, gaji Pegawai Negara Sipil (PNS) di Indonesia berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Demikian juga gaji presiden, anggota DPR, dan kejaksaan, TNI/Polri, dan pegawan negeri lainnya.

Tagar #YangGajiKamuSiapa merupakan reaksi atas pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara yang menyebutkan gaji pegawai Kemenkominfo dari pemerintah.

"Kan (gaji PNS) dari APBN. APBN punya siapa? Masyarakat," ujar Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Ditjen Anggaran Kemenkeu, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, Jakarta, Jumat (2/1/2019).

Ia menuturkan, APBN terdiri dari pendapatan dan juga belanja.

Dikemukakannya, penerimaan negara yang menjadi sumber APBN itu berasal dari berbagai sumber, mulai dari pajak, penerimaan dari sumber daya alam, dari PNBP kementerian atau lembaga, hingga dari profit BUMN.

Selain itu, ada juga sumber penerimaan lain yang berasal dari hibah, serta pembiayaan yang berasal dari utang.

"Dari sumber-sumber itulah, anggaran yang terkumpul digunakan untuk belanja pemerintah pusat maupun daerah," jelasnya dikutip kompas.com.

Dilansir detik.com, pernyataan Rudiantara dikemukakan saat Kemenkominfo menggelar acara internal, Kamis (31/1/2019).

Dalam acara itu, Rudiantara meminta masukan kepada semua pegawai tentang dua buah desain yang diusulkan untuk Gedung Kemenkominfo.

Rudiantara memberi opsi untuk memilih desain Nomor 1 atau Nomor 2. Namun, para pegawai justru riuh.

Rudiantara kemudian meminta agar pemilihan ini tidak dikaitkan dengan politik. Ia lantas meminta beberapa perwakilan pegawainya maju untuk memilih desain Nomor 1 dan Nomor 2.

Seorang pegawai yang memilih desain nomor 2 mengemukakan alasan berikut ini:

 "Mungkin terkait keyakinan saja, Pak. Keyakinan atas visi-misi yang disampaikan Nomor 2, yakin saja," ucapnya.

Rudiantara pun merespons dengan: "Bu, Bu, yang bayar gaji Ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa? Bukan yang keyakinannya, Bu!"

Simak Videonya:




Pernyataan ini menuai kontroversi karena Rudiantara dianggap dapat memengaruhi netralitas PNS dalam Pilpres 2019.

Tagar #YangGajiKamuSiapa Trending pun trending yang mayoritas menyudutkan Rudiantara, bahkan mengarah pula ke pasangan capres-cawapres nomor urut 01 sebagai petahana di Pilpres 2019.*


» Thanks for reading: Efek #YangGajiKamuSiapa Trending, Kemenkeu Ungkap Asal Gaji PNS
Previous
« Prev Post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: February 01, 2019

0 comments:

Post a Comment

Follow & Get Update by Email