Manfaat Memelihara Kucing

CB Blogger | Tuesday, August 25, 2020

Manfaat Memelihara Kucing

KUCING adalah hewan peliharaan paling populer selain anjing. Kucing dikenal mudah bersahabat dengan manusia. Manfaat memelihara kucing di rumah sangat banyak.

Kucing dikenal sangat "sosial" dan menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bermain dan berinteraksi dengan teman yang ada.

Dilansir Republika, hidup bersama hewan kesayangan Nabi Muhammad Saw ini memberikan banyak pengaruh dalam hidup.

Manfaat Memelihara Kucing

Berikut ini 8 manfaat merawat atau memelihara kucing di rumah.

1. Jauh dari Kesepian

Tidak ada yang lebih bahagia saat Anda disambut pas masuk rumah. Kalau belum berkeluarga, kucing bisa jadi teman yang menyapa Anda saat tiba di rumah lewat suaranya.

Saat "gabut" ataupun penat, Anda bisa bermain-main dengan kucing. Tingkahnya yang lucu bisa membuat Anda terhibur dan jauh dari kesepian.

2. Terapi Autisme

Menurut medis, mengelus kucing merupakan terapi yang baik untuk autisme. Pasalnya, kucing juga bisa merasakan perasaan yang ada pada pemiliknya. Bagian tubuh kucing yang biasa dielus, dan membuat kucing nyaman dan manja, adalah kepalanya atau di bawah dagu.

3. Dapat Terapi Dengkur Kucing

Kalau manusia yang mendengkur, mungkin mengganggu. Namun, kucing punya dengkur yang menyenangkan untuk manusia. Suara dengkur kucing bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi rasa sakit.

4. Meningkatkan Imun Bayi

Penelitian menyebutkan, anak-anak yang tumbuh bersama hewan peliharaan relatif lebih sehat dibanding mereka yang tidak melakukannya.

Kucing juga bisa membuat anak-anak punya temain bermain, bahagia, dan lebih ceria saat bergaul dengan teman-temannya.

5. Meningkatkan Mood

Menghabiskan waktu bersama kucing bisa membantu meningkatkan suasana hati. Mainlah bersama kucing saat sedang terpuruk atau mengalami hari yang buruk.

6. Menghilangkan Stress

Kucing mengatasi stres. Salah satu manfaat melihara kucing adalah memperlancar kadar kortisol yang terhambat akbiat stres.

7. Punya Teman Ngobrol

Kucing bisa diajak ngobrol juga? Ya, memang dia tidak akan menjawab semua yang ditanyakan. Namun, melakukan itu bisa buat perasaan perasaan lebih baik.

Pemilik kucing biasa ngobrol dengan bahasa manusia. Meski kucing belum tentu paham, namun nyatanya banyak kebanyakan kucing mengerti maksud ucapan kita.

8. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurut riset yang dipublikasikan dalam Journal of Vascular and Interventonal Neourology, memelihara kucing bisa menurunkan kadar kolesterol. Dengan begitu, Anda akan jauh dari penyakit jantung dan stroke.

Lebih Sehat dan Bahagia

Dilansir Kompas, memelihara kucing juga membuat Anda lebih sehat dan bahagia. Memelihara binatang tersebut rupanya membawa banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik pemiliknya.

Berdasarkan hasil penelitian di Australia, para pemilik kucing cenderung memiliki kesehatan kejiwaan yang lebih baik ketimbang mereka yang tak memiliki binatang peliharaan.

Memelihara kucing juga baik bagi mereka yang sudah memiliki anak. Anak-anak yang memiliki keterikatan kuat dengan kucing peliharaan, akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik, sebagaimana kesimpulan sebuah survei dengan lebih dari 2.200 responden anak di Skotlandia yang berusia 11-15 tahun.

Ada pula penelitian lain yang menyebut, orang-orang yang memelihara kucing disebut memiliki lebih sedikit perasaan emosi negatif dan keterasingan, ketimbang mereka yang tidak memelihara kucing.

Faktanya, mereka yang single namun memelihara kucing, cenderung lebih jarang memiliki mood jelek. Bahkan, kucing yang kita lihat di internet pun bisa membuat kita tersenyum.

Orang-orang yang memelihara hubungan juga akan mendapatkan manfaat pada hubungan mereka dengan sesama manusia. Sebuah penelitian menemukan, para pemilik kucing cenderung lebih sensitif secara sosial, memercayai orang lebih besar, dan menyukai orang melebihi orang-orang yang tidak punya hewan peliharaan.

"Perasaan positif tentang kucing atau anjing peliharaan membawa perasaan positif terhadap sesama manusia," demikian ditulis Rose Perrine dan Hannah Osbourne dari Eastern Kentucky University.

Manfaat Ilmiah Memelihara Kucing

Dilansir Liputan6, penelitian menunjukan, hanya dengan menonton video kucing di internet dapat meningkatkan energi seseorang dan menciptakan emosi positif.

Jadi, tidak heran bahwa memelihara kucing bisa memiliki sejumlah manfaat. Dikutip dari mentalflos, Minggu (22/9/2019) inilah 6 manfaat jika seseorang menjadi seorang pemilik kucing.

1. Baik untuk Lingkungan Sekitar

Sebuah studi pada 2009 menemukan sumber daya yang dibutuhkan untuk memberi makan seekor anjing selama masa hidupnya, menciptakan jejak kaki yang sama seperti mobil atau sangat kotor.

Sementara itu, kucing — yang makan lebih sedikit secara umum dan lebih cenderung memakan ikan daripada produk yang beraroma jagung atau sapi, tidak meninggalkan kotoran sebanyak anjing.

2. Pemilik Kucing adalah Orang Pintar

Sebuah survei 2010 terhadap pemilik hewan peliharaan Inggris oleh University of Bristol menemukan, orang yang memiliki kucing lebih mungkin memiliki gelar sarjana daripada rekan-rekan mereka yang suka anjing.

Pada 2014, seorang peneliti di Wisconsin mensurvei 600 mahasiswa dan menemukan bahwa pemilik kucing sebenarnya lebih pintar.

Tapi itu mungkin bukan kucing itu sendiri yang membuat pemiliknya lebih pintar, para peneliti yang melakukan survei di Bristol mengatakan, orang yang lebih pintar cenderung bekerja lebih lama, dan karena kucing tidak membutuhkan perhatian daripada anjing, mereka adalah pilihan yang lebih baik untuk intelektual yang sibuk.

3. Pemilik Kucing Punya Jantung yang Sehat

Memiliki hewan peliharaan apa pun baik untuk jantung seseorang. Kucing, khususnya, menurunkan tingkat stres seseorang - mungkin karena mereka tidak membutuhkan perhatian dan usaha lebih banyak seperti mengurus anjing - dan menurunkan jumlah kecemasan dalam hidup seseorang.

Membelai kucing memiliki efek menenangkan yang positif. Satu studi menemukan bahwa selama periode 10 tahun, pemilik kucing 30 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena serangan jantung atau stroke daripada pemilik non-kucing (walaupun ini mungkin hanya karena pemilik kucing lebih santai dan memiliki stres yang lebih rendah pada umumnya).

4. Memelihara Kucing Setara Memiliki Pasangan Romantis

Informasi bahwa anjing lebih sayang pemiliknya daripada kucing hanya stereotip. Faktanya, ternyata kucing bisa menjadi sahabat yang sama baiknya dengan anjing, terutama bagi wanita.

Sebuah penelitian di Austria yang dilakukan pada 2003 menemukan, memiliki kucing di rumah adalah setara emosional dengan memiliki pasangan yang romantis. Selain sering melakukan kontak, penelitian menunjukkan kucing akan mengingat kebaikan yang ditunjukkan kepada mereka dan dapat membalas budi.

Tetapi kucing benar-benar memiliki keunggulan dalam hubungan ini. Setelah ribuan tahun domestikasi, kucing telah belajar bagaimana membuat suara setengah mendengkur atau setengah melolong yang terdengar sangat mirip tangisan bayi manusia. Dan karena otak manusia diprogram untuk merespons permintaan anak-anak bulu tersebut, hampir mustahil untuk mengabaikan apa yang diinginkan kucing ketika ia menuntutnya seperti itu.

5. Tidur Pemilik Kucing Lebih Tenang

Beberapa penelitian dan jajak pendapat di Inggris telah menemukan bahwa orang (terutama wanita) lebih suka tidur dengan kucing mereka daripada dengan pasangan mereka, dan mereka bahkan melaporkan tidur lebih baik dengan kucing daripada dengan manusia.

Sebuah penelitian baru-baru ini dari Pusat Klinik Obat Tidur Mayo menunjukkan, 41 persen orang dalam penelitian itu mengindikasikan mereka tidur lebih nyenyak karena hewan peliharaan mereka, sementara hanya 20 persen mengatakan bahwa itu menyebabkan gangguan.

6. Kucing Bisa Selamatkan Hidup Pemiliknya

Kucing memiliki reputasi sebagai hewan yang menyendiri dan tidak peduli dengan manusia, tetapi mereka telah menyelamatkan banyak nyawa selama bertahun-tahun.

Seekor kucing di Inggris memperingatkan manusia ketika dia akan mengalami serangan epilepsi, sementara seekor kucing di Montana membangunkan dua manusia ketika pipa gas mulai bocor.

Petugas pemadam kebakaran memberi tahu pasangan itu bahwa rumah itu bisa dengan mudah meledak jika bukan karena intervensi kucing.

Seekor kucing bahkan telah menerima medali tertinggi yang tersedia untuk hewan militer. Simon si kucing berada di atas kapal HMS Amethyst, yang berlayar di Yangtze pada 1949 ketika sebuah shell menabrak kapal, menewaskan beberapa marinir dan melukai Simon.

Peristiwa itu menandai dimulainya pengepungan 101 hari kapal, yang akan dikenal sebagai Insiden Yangtze.

Simon disembuhi, dan meskipun terluka, melakukan tugas kapalnya dan mulai menangkap tikus yang mengancam kapal, pasokan makanan, serta memberikan dukungan moral bagi para pelaut yang masih hidup.

Simon meninggal tidak lama setelah kapal kembali ke Inggris, tetapi ia secara anumerta dianugerahi Medali Dickin Inggris, yang dikenal sebagai hewan Victoria Cross, karena "perilaku tertinggi".

Demikian Manfaat Memelihara Kucing. Ada punya kucing di rumah?

Newest
You are reading the newest post

0 komentar on Manfaat Memelihara Kucing

Post a Comment

 
Copyright © 2020. New Johny Wuss - All Rights Reserved
Template by CB Blogger & Maskolis