Cara Menggunakan TikTok dan Membuat Video Pendek yang Menarik

CB Blogger | Friday, May 21, 2021

Cara Menggunakan TikTok dan Membuat Video Pendek yang Menarik

TikTok adalah media sosial asal China yang berisi konten video. Hanya video yang bisa dibagikan di TikTok. Foto pun harus diubah menjadi video. Berikut ini Cara Menggunakan TikTok dan Membuat Video Pendek yang Menarik.

Pengguna TikTok terutama Generasi Y (milenial, 25-40 tahun) dan Z (anak mudia usia < 24 tahun), meski banyak juga Generasi X (40-60 tahun) yang menggunakannya. 

TikTok populer karena konten video menjadi salah satu yang paling digandrungi netizen secara global, termasuk Indonesia. Durasi video TikTok antara 1-3 menit. Maksimal 3 menit.

Tik Tok adalah platform video pendek berbasis sosial yang didukung musik. Ada dance, gaya bebas atau tampil semaunya, kreator didukung untuk membiarkan imajinasinya berjalan liar dan membebaskan ekspresinya.

Seperti media sosial lainnya, TikTok juga menjadi alat promosi, jualan, dan sosialisasi, bahkan "provokasi". 

Namun, bijaklah dalam membuat konten. Banyak kasus pembuat konten TikTok (creators) yang berurusan dengan polisi gegara konten ujaran kebencian (hate speech), penghinaan, dan mengandung unsur SARA.

Cara Menggunakan TikTok

Untuk menggunakan TikTok, kita bisa buka langsung TikTok di komputer dengan alamat tiktok.com. Nanti akan terbuka halaman beranda bernama For You Page (FYP) berisi video pilihan dari admin TikTok.

Untuk di HP, berikut ini caranya:

1. Download dan pasang Aplikasi TikTok di HP. Aplikasi ini tersedia Apple App Store buat kalian yang pakai iPhone dan Google Play Store buat yang pakai ponsel Android.

2. Jika sudah, tekan ikon orang yang berada di pojok kanan untuk mendaftar lewat Instagram, Gmail, atau Facebook.

3. Setelah terdaftar, kamu akan mendapati video-video yang sudah dibuat pengguna aplikasi Tik Tok lainnya.

4. Untuk membuat videomu sendiri, tekan ikon plus atau tanda tambah yang berada di tengah bawah.

5. Kemudian, sekumpulan judul-judul musik yang dibagi berdasarkan kategori, seperti Valentine, Party, Indonesia, dan sebagainya akan muncul dan bisa kamu pilih sesuai keinginan untuk musik latar video kamu.

6. Setelah memilih lagu untuk video kamu, selanjutnya ketuk tulisan "Konfirmasi untuk menggunakan dan mulai merekam".

7. Setelah itu, kamu akan dibawa ke layar kamera Tik Tok untuk proses rekam. Di sini, kamu dapat memilih fitur-fitur untuk mengkreasikan video kamu seperti filter efek dan mode mempercepat video atau melambatkan video saat proses rekaman.

8. Bila pengaturannya dirasa sudah pas maka kamu tinggal klik Tahan dan video akan dimulai. Setelah selesai, kamu bisa langsung upload karyamu ke akun media sosialmu.

Cara Membuat Video Pendek Menarik

Mau bikin video pendek untuk TikTok? Coba kalian ikuti langkah-langkah mudah berikut ini.

1. Cari-cari ide

Tap pada tab "Home" setelah kalian set up profil untuk tahu rekomendasi yang ditawarkan TikTok. 

Sama seperti Instagram, Twitter atau YouTube, aplikasi ini juga akan menampilkan saran akun-akun yang kontennya mungkin kalian suka untuk difollow atau ditonton.

Nah, di sini kalian bisa mulai cari-cari ide mau bikin video TikTok apa. Dari video dan akun-akun yang disarankan, biasanya kalian mulai meniru apa sih yang lagi banyak dibikin orang. Mulailah salurkan kreativitas kalian!

Kalian juga bisa mencari sendiri akun, hashtag, sounds, video atau challenge yang sedang ramai dibuat pengguna TikTok lainnya dengan tap ikon pencarian "Discover". Kalau mau lebih spesifik, ketik saja nama akun, sounds, hashtag atau challenge yang sedang kalian cari pada bar di kolom pencarian.

2. Berinteraksi

Nonton video di TikTok sama saja seperti di Instagram atau Facebook. Kalian bisa memberikan reaksi seperti menyukai (tap love), komentar, atau membagi kembali konten yang sudah kalian tonton.

Opsi untuk berinteraksi tersedia di sebelah kanan layar saat video sedang tayang. Kalau mau follow si creator, kalian bisa lakukan swipe ke kiri untuk ke halaman profilnya dan subscribe akun si creator tersebut.

3. Mulai bikin video sendiri

Setelah mengamati, pasti kalian tertarik untuk mulai bikin video sendiri. Caranya, tap ikon plus "+" di bagian tengah pada bar bawah layar untuk mulai merekam.

4. Rekam video

Kalian sekarang bisa tap tombol rekam di tengah layar dan mulai merekam. Supaya tidak perlu menahan tombol rekam, caranya bisa dengan mengatur batas waktu merekams, sementara kalian bisa bebas bergerak dan berekspresi.

5. Edit-edit

Setelah merekam video, kalian bisa mengedit-editnya, menambahkan lagu, teks, filter, dan lain-lain agar video kalian lebih kreatif. Pada layar akan tampil sejumlah opsi untuk mengedit video, ada flip, speed, beauty, timer, filter, effects dan masih banyak lagi.

Setelah mengeditnya, tap "Next" dan kalian akan dibawa ke halaman berikutnya untuk memberi tambahan di caption sebelum diupload.

Topik video TikTok menarik yang banyak disukai adalah humor, informasi, dan inspirasi.

Banyak pengguna TikTok yang menyukai konten dengan nilai positif dan inspiratif. Videonya juga harus menarik atau orisinil. Pengguna Tiktok suka banget dengan yang original dan kreatif, kemudian pakai lagu yang lagi tren.

Itu dia langkah cara membuat video TikTok pemula. Selamat mencoba! (Sumber: Kumparan, Detik).


Previous
« Prev Post

0 komentar on Cara Menggunakan TikTok dan Membuat Video Pendek yang Menarik

Post a Comment

 
Copyright © 2020. New Johny Wuss - All Rights Reserved
Template by CB Blogger & Maskolis