Prediksi Capres 2024: Prabowo, Anies, Ganjar

CB Blogger | Monday, June 14, 2021

Prediksi  Capres 2024: Prabowo, Anies, Ganjar

PILPRES 2024 diprediksi akan diikuti tiga pasangan capres-cawapres. Tiga calon presiden yang diprediksi maju adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Prediksi Capres 2024 ini dikemukakan Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, yang menilai pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang kemungkinan bakal diramaikan oleh tiga pasang calon (paslon) presiden. 

"Biasanya nanti partai akan berkumpul di sekitar calon yang populer ya yang punya peluang untuk menang, yang pada saat ini ada tiga, Prabowo, Ganjar, Anies. Jadi dengan kondisi ini ya peluangnya terjadi tiga pasangan," kata Qodari dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (15/6).

Menurut Qodari, ada sejumlah variabel yang mempengaruhi partai mendukung calon tersebut. Pertama, kedekatan pribadi antara sang calon presiden dengan partai tersebut.

"Misalnya ya Anies Baswedan punya sejarah dengan NasDem karena dulu menjadi deklarator ormas Nasional Demokrat ya, atau misalnya Prabowo punya hubungan pribadi yang panjang dengan Bu Mega begitu," ujar Qodari.

Variabel kedua yaitu tergantung kepada persepsi mengenai ideologi atau jenis partai dengan latar belakang atau identitas dari calon. Dia mencontohkan, PKS kecenderungannya bakal mendukung Anies.

"Karena Anies jadi Gubernur DKI Jakarta itu dengan sentimen keislaman 411 212 gitu dan banyak didukung oleh tokoh-tokoh ijtima ulama, Rizieq Shihab, lain-lain," ucapnya.

Sementara PDIP cenderung memilih antara Ganjar dan Prabowo. Namun melihat perkembangan sekarang, PDIP cenderung memilih mendukung Prabowo ketimbang Ganjar.

"Kelihatannya komunikasi Ganjar dengan PDIP tadi tidak bagus, sebaliknya hubungan antara DPP PDIP dengan Prabowo sangat bagus jadi kecenderungannya PDIP akan ke Prabowo," ungkapnya.

Melihat peta tersebut, dia menilai, Prabowo akan didukung PDIP, Gerindra, PKB, dan PPP. Sementara Ganjar kemungkinan bakal didukung NasDem dan Golkar

"Kalau Ganjar didukung oleh NasDem itu baru bisa lengkap ya menjadi memenuhi persyaratan itu kalau dengan Golkar. Golkar ini juga bisa ketemu karena kan boleh dibilang Nasdem ini kan saudara sepupu Golkar gitu kan pecahan Golkar didirikan oleh Surya Paloh yang notabene ya orang Golkar juga begitu. Jadi hubungan pribadinya cukup dekat," terangnya.

Anies kemungkinan bakal didukung oleh PKS, Demokrat. Namun, sayangnya suara keduanya tidak akan cukup mengusung capres.

"Tetapi ada perkembangan menarik di mana PAN ketuanya Zulkifli Hasan mengatakan juga memiliki kedekatan dengan Anies Baswedan. Nah kalau kemudian PAN gabung ya Anies Baswedan dia cukup memenuhi persyaratan," tuturnya. (ROL)


Newest
You are reading the newest post

0 komentar on Prediksi Capres 2024: Prabowo, Anies, Ganjar

Post a Comment

 
Copyright © 2020. New Johny Wuss - All Rights Reserved
Template by CB Blogger & Maskolis