Dua Kesalahan Blogger yang Sering Dilakukan: Copas dan Hapus Credit Link

Posted by New Johny Wuss

Copy Paste
SEDIKITNYA ada dua kesalahan blogger yang sering dilakukan. Kesalahan pertama biasa dilakukan oleh blogger pemula dan/atau blogger yang tidak bisa dan/atau malas menulis.

Kesalahan kedua biasanya dilakukan oleh blogger yang sudah bisa "utak-atik" atau edit kode Javascript/HTML di Template > Edit HTM.

Copy Paste Tanpa Mencantumkan Sumber

Kesalahan pertama yaitu Copy Paste (Copas) tulisan/posting orang lain tanpa menyebutkan sumber. Jika menyebutkan sumbernya, tak masalah, bahkan sang pemilik tulisan senang. Jika Copas tanpa menyebutkan sumber, itu "dosa besar".

Dalam dunia akademis dan tulis-menulis, Copas tulisan orang tanpa menyebutkan sumbernya adalah "tindakan kriminal" yang disebut plagiarisme (plagiarism), atau dikenal dengan sebutan "plagiat/plagiator". Pelaku plagiarisme bisa dipidana karena melanggar hak cipta.

Google, dengan algoritma terbarunya, juga sudah menghukum para blogger copas/blogger plagiat, dengan tidak mengindeks blog mereka, bahkan menghapusnya. Memang belum semua kena, tapi lambat-laut lihat saja....! :)

Paling tidak, Google tidak akan menerima blogger yang suka copas untuk bisa ikut dalam program Google Adsense. Yang sudah diterima pun, jika melakukan copas di blognya, bahkan menyebutkan sumber sekalipun, Google akan nge-banned akun Adsense-nya.

Copy Paste juga merupakan Dosa Terbesar SEO Blog karena Google mengutamakan konten berkualitas yang orisinal (asli), fresh, dan unik.

Menghapus Link Credit di Footer!

Kesalahan kedua adalah mengubah dan menghapus "credit link" di footer, yakni link blog desainer template. Banyak blogger yang seenaknya menghapus link credit tersebut. Sangat tidak berterima kasih dan sungguh sangat tidak menghargai karya orang!

Contohnya blogger ini. Credit Link diganti seenaknya dengan nama dan linknya sendiri. CB akan koleksi blogger beginian lalu dilaporkan ke Google DMCA biar blog kaya gini dimasukin ke SandBox.
Copas dan Hapus Credit Link







Masih banyak blogger model begini nih, yang tidak tau malu dan tidak menghargai karya orang lain. CB akan data dan publikasikan nanti!

Blogger yang baik akan tetap mencantumkan link desainer template di blognya. Blog yang buruk akan menghapusnya dan blognya tidak akan berkah!

Dua Kesalahan Blogger yang Sering Dilakukan: Copas dan Hapus Credit Link, yang menjadi salah satu ciri blogger amatiran.

Blogger sejati pasti paham, membiarkan credit link tetap ada, selain menunjukkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada desainer, juga akan menjadi "link effect" bahkan "backlink" yang baik bagi blognya.*

» Thanks for reading: Dua Kesalahan Blogger yang Sering Dilakukan: Copas dan Hapus Credit Link
Previous
« Prev Post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: April 08, 2014

8 comments:

  1. Selamat malam mas, copy paste tulisan blogger lain baik dengan maupun tanpa mencantumkan sumbernya kalau 100% copas tanpa modifikasi atau tambahan sebaiknya memang harus dihindarkan. Sebab algoritma Google terkini sangat membenci duplikat konten dan tindakan black hat seo yang banyak dilakukan blogger nakal atau curang.
    Happy blogging ya mas.. boleh dong bikin template khusus untuk direktori berbasis blogspot.. tapi jangan mahal2 ya mas..

    ReplyDelete
  2. oke gan, mending di biarin aja ye gan credit linknya, buat menghargai karya orang lain

    ReplyDelete
  3. Setuju, mungkin indonesia bisa maju jika pemikiran kita seperti ini

    ReplyDelete
  4. izinkan saya komen gan
    waktu SMP, saya disuruh bikin blogger, nah karena guru menyuruh membikin blogg tanpa di bimbing sama yang ahli, saya membuat blog dengan post copas, karena saya masih awam dan blum tau apa apa terhadap blogger. Ketika sudah SMK, saya baru tau maanfat bikin blog, dan saya menyesali copasan yang saya buat itu. Setelah tau bahwa copasan itu salah, post copasan itu saya perbaharui dengan tulisan sendiri, ada gambar, mencatumkan sumber dan benar benar sangat berbeda. yang jadi pertanyaan adalah, apakah blog itu masih bisa dikatakan copas ? kalau iya kenapa bisa ? padahal sudah saya perbaharui isi maupun judulnya, tapi topiiknya tetaplah sama. gimana jalan keluarnya ? apakah harus menghapus saya dan mencopas tulisan saya ke post yang baru ? semoga cepan menjawb. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu sih tergantung sudah berapa lama anda memperbarui nya. Karena alat perayap google akan selalu merayapi situs entah 2 hari sekali atau brp. Dan coba aja submit sitemap blog anda biar google bot merayapi blog anda lagi.

      Delete
  5. Kredit aku masih banyak kok gan termasuk kredit agan yang satu ini :D mantap templatenya...

    ReplyDelete
  6. memang, tapi kita haus ngeliat dua sisi yang ngopas bukannya niat ngopas, tapi karena gak bisa atau dalam kondisi yang terdesak, walaupun tetep gak bisa dibenarkan tindakan copas itu

    ReplyDelete
  7. salam um...
    saya pemula nih, alhamdulillah saya gak ganti tuh link creadit footernya sampean. terimakasih templatenya um.

    ReplyDelete

Follow & Get Update by Email

CB