Travel Blogging: Hobi Jalan-Jalan + Blog = Uang!

Posted by New Johny Wuss

Cara Menjadi Travel Blogger
ANDA seorang petualang yang hobi jalan-jalan alias travelling? Coba padukan dengan blogging! Maka, hobi Anda akan menjaid uang, sebagaimana rumus dalam judul di atas: Travel Blogging: Hobi Jalan-Jalan + Blog = Uang!

Jika Anda hanya memamerkan pengalaman atau travelling Anda di media sosial seperti Facebook dan Twitter, mungkin hanya dapat jempol, komentar, dan teman atau follower baru. Namun, jika ditulis di blog, maka akan lebih dahsyat, pembaca lebih luas, berbagi pengalaman lebih mantap, dan itu tadi... bisa menghasilkan duit!

Travel Blogging adalah ngeblog dengan menuliskan pengalaman dan tips-trik jalan-jalan, termasuk review objek wisata atau tempat main.

Banyak travel blogger yang sudah meraih sukses dengan travel blogging. Berawal dari hobi jalan-jalan, senang mengabadikan setiap momentum lewat foto atau video, dan ingin membagikan apa yang dialami dan dirasakan selama travelling melalui tulisan, akhirnya menghasilkan pundi-pundi yang tak terduga.

Saat ini sudah banyak travel blogger ternama dan menjadikannya sebagai ladang penghasilan tambahan. Langkah awalnya, tentu saja membuat blog. (Baca: Cara Membuat Blog).

Penghasilan travel blogger Indonesia sekitar Rp2 juta—Rp3 juta, bahkan lebih. Bisa juga kurang. Jika dalam bahasa Inggris, bisa lebih besar lagi!

Penghasilannya bisa dari Google AdSense, Program Affiliasi, Pemasang Iklan, bahkan Donasi. Penghasilan juga bisa didapat dari Sponsored Article alias posting yang disponsori pihak tertentu, misalnya agen travel, hotel, atau manajemen objek wisata.

Konten blog travelling a.l. tips dan trik travelling, panduan how to get there, bagaimana cara mendapatkan tiket murah, berapa biayanya, dan apa saja tempat yang menarik dikunjungi.
Menurut laman Travelling Bisnis, sumber penghasilan lainnya bisa datang dari endorse produk tertentu, seperti kamera, alat-alat outdoor, hotel, dan lain-lain. 

Banyak juga penawaran trip yang datang dari dinas pariwisata daerah tertentu, bahkan dari dinas pariwisata luar negeri yang rajin mengundang blogger.

KOMUNITAS TRAVEL BLOGGER
Travel Blogger sudah ada komunitasnya. Salah satunya Komunitas Travel Blogger Indonesia (TBI). 

Aktivitas travel blogging pada dasarnya bisa dilakukan oleh siapa saja asalkan senang jalan-jalan dan mau menulis. Hal itu pula yang membuat perkembangan travel blogging di Indonesia berkembang sangat pesat.

Berdiri 2013, anggota TBI mencapai 60 orang. Para travel blogger yang tergabung di dalam TBI biasanya sudah memiliki blog khusus travelling yang berumur 6 bulan, serta anggota juga harus rutin menulis diblog-nya minimal 2 bulan sekali.

Nah, menarik 'kan membuat travel blogging atau menjadi travel blogger? Monggo. Semoga posting ini menjadi inspirasi. Good Luck! (http://newjohnywuss.blogspot.com).*

» Thanks for reading: Travel Blogging: Hobi Jalan-Jalan + Blog = Uang!
Previous
« Prev Post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: June 30, 2016

0 comments:

Post a Comment

Follow & Get Update by Email

CB