Mengenal Jenis-Jenis Burung Kenari plus Foto

Posted by New Johny Wuss

Mengenal Jenis-Jenis Burung Kenari
Jenis-Jenis Kenari Lengkap. Foto: Grup Facebook Jual Beli Kenari Bandung.* 

Mengenal Jenis-Jenis Burung Kenari plus Foto Lengkap.

BURUNG Kenari (Canary Birds) adalah jenis burung peliharaan paling populer. Banyak orang memelihata kenari untuk menghangatkan suasana di rumah. Banyak juga yang memeliharanya untuk lomba dan bisnis (budidaya/ternak kenari).

Kenari disukai karena warnanya beragam, kicauannya yang merdu dan unik, dan perawatannya mudah. Pakannya, berupa biji-bijian dan sayuran, mudah didapat. Sayuran bahkan bisa "join" dengan pemeliharanya --sama-sama makan sayur, sehat!

Burung Kenari bukan burung asli Indonesia. Menurut Wikipedia, nama ilmiah burung kenari adalah 'Serinus Canaria'. 

Awalnya burung ini berasal dari kepulauan Canary di Spanyol. Keindahan bulu dan suaranya membuat hewan ini dikembangbiakan sejak abad ke-17. Dari habitat aslinya di Spanyol, burung kenari dibawa ke beberapa wilayah di Eropa. 

Awalnya, hanya orang-orang kaya atau kaum elite yang bisa memiliki kenari. Namun, lambat laun, akhirnya masyarakat biasa juga bisa mengembangbiakan kenari dan memeliharanya.

Kini dengan mudah kita menemukan dan mendapatkan burung kenari. Harganya bervariasi, antara 40-60 ribuan (untuk kenari anakan usia 2-4 bulan), 150-300 ribuan (untuk kenari gacor atau rajin berkicau), hingga 500-900 ribuan lebih (untuk kenari lomba). (Sumber: Jual Beli Burung Benari Bandung).

Jenis-Jenis Burung Kenari

Mengenal Jenis-Jenis Burung Kenari
Canary Birds. Foto: postadsuk.com.*

Pada dasarnya burung ini dibagi ke dalam tiga jenis yang berbeda. Namun, berkat teknik silang kenari, kini jenis burung kenari menjadi empat jenis utama:

1. Kenari Warna (Colorbred Canary)

Jenis kenari warna dibiakan karena keunggulan warnanya yang indah. Contoh kenari warna: Red Mozaic, Yellow Intensive, Eumo, Ino, dan Satinette.

Red Mozaic
Red Mozaic
Yellow Intensive
Agate Opal Yellow Mosaic
Agate Opal Yellow Mosaic


2. Kenari Postur (Type Canary)

Kenari postur adalah jenis yang dibiakan karena fisiknya yang unik dengan bentuk tubuh beraneka ragam, seperti berbentuk kecil, panjang, besar, atau berbentuk bundar. Contoh kenari postur antara lain: Norwich, Border, Yorkshire, dan Fancy.

Kenari Postur
Kenari Postur
Norwich Canary
Norwich Canary
 Posture Canary - Yorkshire
Posture Canary - Yorkshire


3. Kenari Penyanyi (Song Canary)

Kenari penyanyi adalah jenis burung kenari yang dikembangbiakan untuk keunggulan kicauan suaranya. Kenari jenis ini memiliki nada kicau yang unik, naik turun, dan bahkan menirukan nada lagu. 

Contoh kenari penyanyi antara lain: Roller, Spanish Timbardo, dan Waterslager.

Spanish Timbardo
Spanish Timbardo
Roller Canary
Roller Canary
Waterslager Canary
Waterslager Canary Belgia.*


4. Kenari Hibrid (Hybrid Canary)

Kenari hibrid adalah jenis burung kenari yang merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis kenari yang dianggap memiliki sifat-sifat unggulan. Kita bisa menemukan kenari hibrid ini di peternakan kenari besar ataupun kecil (rumahan).

Kenari Hibrid
Kenari Hibrid

Jenis Kenari: Asal Negara

Dari segi asal negara, ada lagi macam-macam atau jenis kenari, sebagai berikut:

1. Kenari Yorkshire
Kenari hasil persilangan antara kenari Lanchasire dengan kenari Belgia. Cirinya a.l. selalu berdiri tegap dan memiliki kaki panjang. Panjang kenari Yorkshire sekitar 16 centimeter.

2. Kenari Norwich
Kenari Norwich memiliki ciri-ciri yaitu bentuk tubuhnya agak bulat serta memiliki bulu yang agak tebal. Bentuk dadanya lebih lebar serta punggungnya yang pendek dan lebar. Sayapnya lebih pendek. Kenari jenis ini warnanya yang paling banyak ditemui adalah warna hijau.

3. Kenari Border
Burung kenari jenis ini terdapat di perbatasan daratan antara Inggris dan Skotlandia. Kenari ini berasal dari Cumberland Facy yang juga tedapat di daerah perbatasan atau border. Ciri khas burung kenari jenis ini saat perlombaan yaitu bentuk tubuhnya yang bulat.

4. Kenari Gloster
Burung kenari jenis ini bentuk tubuhnya berukuran tidak melebihi 11 centimeter. Biasanya dalam ajang perlombaan, kenari Gloster tubuhnya tidak boleh lebih dari 11 centimeter. 

Ciri-ciri yang mencolok pada burung ini adalah warna bulunya kuning, sayapnya agak kehijau-hijauan, dan warna ekor putih. 

5. Kenari Roller
Kenari Roller termasuk kenari yang berketurunan kenari Jerman. Ciri-ciri kenari ini dalam ditaruh di dalam sangkar kayu yang ditutupi kain di bagian depannya.

6. Kenari Crest
Ada dua variasi unik pada kenari jenis ini, yaitu memiliki jambul dan tidak memiliki jambul. Uniknya adalah kenari Crest yang berjambul, maka jambulnya itu bisa sampai menutupi kepalanya, bahkan sampai pada matanya dan paruhnya.

7. Kenari Frill
Kenari Frill memiliki bulu yang unik. Yang paling dikenal adalah jabot, mantle, dan fin. 

Mantle merupakan bulu yang berada di tengah-tengah punggung kenari ini, atau secara simetris.Jabot adalah bulu yang terdapat pada bagian dadanya yang merombak ke dalam hingga berbentuk seperti kerutan yang menutup. 

Fin merupakan bulu yang terdapat di sekitar paha hingga ke sekeliling sayap. Apabila bulunya tumbuh dengan bagus dan sempurna maka akan terlihat indah dan menawan, tapi sebaliknya bila bulu-bulu tersebut tidak tumbuh dengan sempurna maka akan kelihatan aneh karena bulu tersebut.

8. Kenari Belgia
Kenari Belgia yang paling susah diternak. Ciri khasnya adalah memiliki bentuk kepala yang kecil seperti ular.

Mengenal Jenis-Jenis Burung Kenari

Jenis Kenari Hasil Silangan

Ada lagi kategori kenari berdasarkan hasil silangan dalam budidaya kenari, termasuk YS, F1, F2, F3, AF, AFS, Lokal, dan Lokal Super (Loper).

1. YS 

YS adalah singkatan dari YorkShire. Burung jenis ini adalah burung impor yang sering dijadikan indukan pokok para breeder Indonesia karena tubuhnya yang besar, tinggi, dan panjang.

2. Holland

Holland adalah burung kenari impor. Akan tetapi sangat susah membedakan jenis ini karena dilihat dari segala aspek jenis ini sangat mirip dengan kenari lokal. Namun biasanya dikenakan ring dari asal breeder-nya.

3. F1

Kenari F1 adalah kenari hasil keturunan pertama dari silangan YS (Yorkshire) vs Lokal.

4. F2

Kenari F2 adalah keturunan hasil persilangan dari YS (Yorkshire) vs F1.
5. F3

Kenari F3 adalah hasil dari persilangan antara YS (Yorkshire) vs F2.

6.  AF

Kanari AF adalah hasil persilangan antara F1 vs Lokal.

7. AFS

Kenari AFS (AF Super) hasil dari silangan F1 vs F1.

8. Loper

Kenari Loper (Lokal Super) hasil dari AF vs lokal.

Kenari Loper (Lokal super) hasil dari AF vs lokal.
Kenari Loper - Lokal Super.


Untuk membedakan kedelapan jens kenari itu agak susah karena tidak ada sertifikat. Namun, untuk burung impor biasanya dibekali dengan ring import. Untuk keturunannya di Indonesia tergantung dari para peternaknya, mau memakai ring atau tidak.

Jenis-Jenis Kenari Lokal

Kenari lokal adalah kenari yang ada di Indonesia, namun bukan asli Indonesia, tapi masuk ke Indonesia sebagian besar dari Taiwan, China, dan Belanda. Kenari impor itu dikawinsilang sehingga disebut kenari lokal.

Perbedaan kenari lokal dengan kenari impor terutama di postur tubuhnya. Postur tubuh kenari lokal lebih kecil dan ramping. Ukuran kenari impor besar dan boros. 

Kenari lokal  bukan kenari kicauan yang baik dengan sifat fighter. Kenari lokal biasanya hanya sebagai kenari hias saja --biasa disebut kenari rumahan atau kenari warna. Tapi kenari lokal juga  sering dikonteskan di lapangan.

1. Kenari lokal kuning. 

Kuning adalah warna khas kenari. Disebut lokal kuning karena memiliki warna kuning terang dominan bercampur putih pada tubuhnya.

Kenari lokal kuning
Kenari Lokal Kuning.*
Melanin Kuning
Melanin Kuning


Kenari Kuning dibagi lagi menjadi
  • Kuning Polos. Semua warnanya kuning.
  • Melanin Kuning (Yellow Melanin) --warna dasar kuning dengan coklat dan pigmen hitam pada bulu.
  • Lipochrome Kuning (Yellow lipochrome) --menghilangkan warna coklat dan hitam pada pigmen dengan meninggalkan warna dasar kuning.

2. Kenari lokal merah.

Bulu pada kenari lokal merah atau merah lokal (merlok) bukan murni merah, tapi lebih ke orange (oranye). Tetap saja meski orange disebutnya kenari lokal merah. 

kenari lokal merah
Kenari Lokal Merah.*


Kenari merah juga dibagi lagi:
  • Red Factor Melanin --warna dasar merah dengan warna coklat dan hitam pada pigmen.
  • Red Factor Lipochrome: Mutasi yang menghilangkan pigmen hitam dan coklat dengan meninggalkan warna dasar merah
3. Kenari lokal putih. 

Kenari lokal putih awalnya belum umum, tapi sekarang sudah banyak kicaumania yang membawa kenari lokal putih ke lapangan kontes.

Kenari lokal putih
Kenari lokal putih

  • Putih Dominan (Dominant White) --warna dominan yang menghilangkan pigmen hitam dan coklat dengan meninggalkan warna dasar putih.
  • Resesif Putih (Recessive White) --menghilangkan pigmen hitam dan coklat dengan meninggalkan warna dasar putih.
  • Silver Factor --menggabungkan warna dasar putih dengan coklat dan pigmen hitam pada bulu.
4. Lokal Sunkist

Seperti nama jeruk dan begitu juga warna tubuh kenari lokal sunkist memang seperti jeruk Sunkist.

kenari lokal sunkist
Kenari Lokal Sunkist.*

5. Kenari lokal hijau

Mempunyai warna yang unik di bagian dada kuning bercampur kehitam-hitaman. Di bagian tubuh coklat belang dan kehitam-hitaman.

Kenari lokal hijau
Kenari lokal hijau


6. Lokal Isabel

Kenari lokal Isabel merupakan kenari dengan warna yang gelap, tapi untuk ukuran dan postur tubuh rata-rata sama saja.

Lokal Isabel
Lokal Isabel


7. Lokal Starblue

Lebih terlihat mirip dengan burung gereja. Campuran warnanya antara hitam dan abu membuat kenari ini langka sekali untuk di-breeding karena memang masih belum umum di lapangan kontes.

Lokal Starblue
Lokal Starblue


8. Faktor Blue

Ada juga yang disebut Faktor Biru (Blue Factor) -warna hitam pekat dan warna coklat melanin pada bulu dengan warna dasar putih.

blue factor canary
Blue Factor Canary.*


9. Kenari Panda

Kenari panda adalah burung kenari yang memiliki kombinasi warna hitam dan putih. Kenari Panda turunan daru Starblue.

Kenari Panda
Kenari Panda.*

Warna hitam dan putih pada bulu kenari ini membentuk pola seperti kombinasi wana hitam putih pada panda. Akhirnya disebut Kenari Panda, termasuk Kenari Panda Simetris.

Burung Kenari Warna Panda merupakan salah satu warna favorit dan banyak dicari oleh kenarimania. Burung kenari panda ini memang memiliki warna khusus, perpaduan putih dan hitam atau abu.

Jenis Kenari dari Segi Warna

Dari segi warna, jenis kenari ada dua macam:
  1. Polos. Satu warna, seperti putih, abu, kuning, oren.
  2. Bon. Ada paduan warna lain atau warna campuran, misalnya bon orange dengan kuning, kuning dengan coklat, starblue, dan lainnya.
Kenari Bon Oren / Bon Kuning

Kenari Bon Oren

Kenari Bon Oren

Demikian jenis-jenis burung kenari yang tentunya sudah diketahui oleh para kenarimania. Jika ada yang terlewatkan, silakan tambahkan di kolom komentar.

Burung Kenari adalah burung yang indah dipandang mata, beraneka warna, berbody mungil yang lucu dan imut, mudah dirawat, suara kicau atau nyaniannya enak didengar, dan membuat bahagia pemiliknya --bisa menghilangkan stress!  (Diolah dari berbagai sumber. Sumber Foto: Facebook, Google, Blogger, Kaskus, OLX, Kicaumania, Wordpress, dll.).***

» Thanks for reading: Mengenal Jenis-Jenis Burung Kenari plus Foto
Previous
« Prev Post
CB Blogger
New Johny WussUpdated: August 20, 2016

1 comments:

  1. saya adalah seorang penggemar burung dan dimanakan saya bisa membeli gurung kenari isabel? Saya lihat burung ini cukup langkah dan juga unik

    ReplyDelete

Follow & Get Update by Email

CB