6 Cara Mengatasi Tuts Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Error, Bermasalah

CB Blogger | April 01, 2020

LAGI asyik blogging, tiba-tiba tuts keyboard laptop error, tidak berfungsi, bermasalah. Ngeselin kan?  Bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Tuts Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Menurut para ahli, keyboard komputer, baik desktop, laptop, maupun netbook tidak befungsi, error, atau bermasalah itu bisa disebabkan oleh permasalahan pada perangkat lunak (software) atau perangkat keras (hardware).

Namun, bisa juga keyboard error karena masalah "sepele": debu atau kotor!

Cara Mengatasi Tuts Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Berikut ini 6 (enam) langkah mudah untuk memperbaiki keyboard laptop yang bermasalah, seperti dikutip dari Liputan6.

1. Bersihkan

Jika beberapa tombol keyboard laptop tidak berfungsi, sementara tombol lainnya baik-baik saja, maka ada kemungkinan terdapat kotoran kecil yang menghambat tombol keyboard berfungsi normal.

Hal ini dapat terjadi misalnya ketika Anda makan sambil bekerja dan remah-remah makanan yang Anda makan terjatuh pada keyboard laptop Anda. Anda Perokok? Gak usah tanya! :)

Untuk menyingkirkannya, hal termudah yang bisa dilakukan adalah memiringkan laptop pada sudut kurang lebih 75 derajat dan goyangkan dengan lembut laptop Anda untuk menyingkirkan kotoran-kotoran tersebut.

Setelah itu, periksa semua tombol dan lihat apakah tombol-tombol laptop Anda berfungsi atau tidak. Jika tidak, maka meniupkan udara pada tombol keyboard Anda bisa dilakukan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di sela-selanya.

2. Restart! 

Jika cara pertama gagal, setelah dibersihkan masih error, apalagi jika tidak ada satu pun tombol keyboard yang merespons, maka permasalahan yang Anda hadapi kemungkinan besar terletak pada software atau keyboard driver.

Untuk itu, cara mengatasi tuts keyboard tidak berfungsi, cobalah melakukan restart!

Restart bisa dilakukan seperti biasa, dari menu Start, bisa juga dengan menekan tombol Power selama 5 detik -- atau paling lama 15 detik, untuk mematikan laptop secara paksa.

Setelah mati, dikuburkan! Eh... nyalakan kembali laptop Anda!

Mematikan laptop boleh jadi bisa memperbaiki masalah keyboard yang tidak berfungsi.

3. Restore System

Cara berikutnya, jika cara pertama dan kedua masih gagal mengatasi keyboard yang error, maka cara ketiga adalah melakukan restore sistem laptop.

Caranya:
  1. Klik tombol Start
  2. Klik Control Panel. 
  3. Klik "Back up your computer" di bawah heading "System and Security". 
  4. Klik "Recover system settings or your computer"
  5. Klik "Open System Restore".

Ikuti saja langkah-langkah yang muncul untuk restore laptop.

Setelah proses restore berhasil, reboot laptop. Jika penyebab masalah pada keyboard Anda terletak pada sistem, maka keyboard Anda seharusnya kembali berfungsi dengan baik.

4. Keyboard Driver

Keyboard yang tidak berfungsi bisa juga disebabkan oleh keyboard driver yang tidak up-to-date atau terganggu oleh program lainnya.

Untuk memastikannya, Anda dapat memeriksa apakah keyboard driver Anda berjalan dengan baik atau tidak di "Device Manager".

Device Manager dapat diakses dari "Control Panel".

  1. Klik "System and Security"
  2. Klik "Device Manager" di bawah heading "System". 
Di Device Manager ini Anda akan menemukan drivers dari semua perangkat keras (hardware) di dalam laptop Anda, termasuk keyboard.

Klik "keyboard" dan Anda akan menemukan keyboard driver laptop Anda.

Jika Anda melihat segitiga berwarna kuning dengan tanda seru, maka keyboard driver Anda bermasalah. Solusinya, silakan buka situs web produsen laptop Anda untuk mencari driver terbaru.

5. Servis!

Mestinya salah satu dari empat cara mengatasi keyboard tidak berfungsi di atas sudah menyelesaikan masalah. Namun, jika keempat langkah di atas tidak berhasil, maka cara paling jutu adalah bawa laptop Anda ke tenaga profesional alias servis!

Sekarang banyak kok servis yang bisa datang ke rumah.

6. Keyboard alternatif

Dalam kondisi mendesak, untuk sementara kita bisa menggunakan keyboard dengan port USB. Kita juga bisa menggunakan keyboard virtual di layar laptop.

Untuk mengaktifkan keywboard virtual:
  1. Klik tombol Start
  2. Klik "All Programs"
  3. Klik "Accessories" 
  4. Klik "Ease of Access"
  5. Klik "On-Screen Keyboard" untuk mulai menggunakan keyboard virtual.
On-Screen Keyboard

Itu dia 6 Cara Mengatasi Tuts Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Error, Bermasalah. Semoga badai yang menimpa keybord laptop segera berlalu. Pasti berlalu lah...! Insya Allah.

Previous
« Prev Post

Related Posts

0 komentar on 6 Cara Mengatasi Tuts Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Error, Bermasalah

Post a Comment

 
Copyright © 2020. New Johny Wuss - All Rights Reserved
Template by CB Blogger & Maskolis